Aksi Rakyat Jogja Menolak UU Pemilukada

DSC_4443Puluhan massa yang tergabung dalam Aksi Rakyat Jogja menggelar aksi demonstrasi menolak Undang-Undang Pemilukada yang telah disahkan beberapa waktu lalu. Aksi yang digelar di halaman Gedung DPRD DIY ditemui oleh Pimpinan Fraksi Kebangkitan Nasional H. Sukamto, SH dan Chang Wendryanto, SH anggota Fraksi PDIP. Namun DPRD DIY dalam hal ini hanya dapat menyampaikan aspirasi Aksi Rakyat Jogja kepada DPR RI, sebab Undang-Undang pemilukada murni berada di tangan DPR RI.

Aksi yang digelar pada Senin (13/10) siang merupakan bentuk kekecewaan terhadap politikus yang berperan dalam penyusunan Undang-Undang Pemilukada. Massa membawa poster wajah Akbar Tandjung, Prabowo Subianto, Abu Rizal Bakrie, Fadli Zon, dan Amien Rais yang pada akhir aksinya massa menyobek gambar tersebut sebagai bentuk penolakan secara tegas.
Selain melakukan aksi penyobekan gambar, Massa menggelar simulasi pemungutan suara di bilik suara yang  melibatkan sejumlah waria sebagai saksi dan KPPS dengan menggunakan surat suara yang bergambar simbol Kurawa dan Pandawa. Anggota DPRD DIY pun turut diminta mengikuti simulasi pencoblosan tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*