AUDIENSI DENGAN 150 MAHASISWA UMY

Senin (09/10/2017) DPRD DIY menerima Audiensi dari Mahasiswa UMY di Ruang Ragab Lt.3. Rombongan mahasiswa berjumlah 150 orang dan langsung diterima oleh Arif Noor Hartanto, S.I.P. selaku Wakil Ketua DPRD DIY. Audiensi diawali dengan penjelasan maksud dan tujuan kedatangan dari Mahasiswa UMY yang disampaikan oleh Ane Permatasari, S.IP., M.A. Pada Audiensi tersebut, disampaikan bahwa maksud dari kedatangan Mahasiswa UMY untuk menanyakan permasalahan terkait peran DANAIS dalam menungkatkan kesejahteraan masyarakat DIY.

Selanjutnya, Arif Noor Hartanto, S.I.P. menyampaikan bahwa DANAIS sudah dialokasikan untuk kesejahteraan masyarakat dalam berbagai bentuk. Tidak hanya sebagai bantuan sosial, namun bisa juga berupa penataan ruang publik, kebudayaan dan lain sebagainya. DANAIS diberikan sebagai konsekuensi khusus karena wewenang tambahan yang diberikan kepada daerah istimewa yogyakarta yaitu wewenang berupa 5 urusan keistimewaan. 5 urusan keistimewaan tersebut antara lain pertama, Tata cara pengisian jabatan, kedudukan, tugas, dan wewenang Gubernur dan Wakil Gubernur, kedua Kelembagaan Pemerintah Daerah DIY, ketiga Kebudayaan, keempat Pertanahan dan kelima Tata ruang

Selain beberapa hal yang dijelaskan tersebut. Arif Noor Hartant, S.I.P. juga menjelaskan bahwa DANAIS dalam undang-undang keistimewaan diatur dalam pasal tersendiri, dimana pasal tersebut memberikan keleluasaan kepada DIY untuk mengajukan proposal permintaan terhadap DANAIS kepada Pemerintah Pusat. Yang boleh diajukan DIY untuk DANAIS tersebut tidak pernah diatur atau dibatasi dengan batasan besaran tetapi kemduian mempertimbangkan kemmpuan keuangan negara. Maka, DANAIS tersebut diajukan sebanyak mungkin agar bisa disetujui karena tergantung dengan kemampuan keuangan negara. Proses pengajuan DANAIS dilakukan sepenuhnya oleh gubernur DIY dan tidak melibatkan peran dari DPRD DIY. Jadi, khusus untuk DANAIS, pengajuaannya berbeda dengan pengajuan dari APBD yang melibatkan DPRD DIY.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*