Audiensi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia ke DPRD DIY

mahasiswa fakultas hukum uii

Yogyakarta, dprd-diy.go.id – Kedatangan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Senin (16/4) diterima oleh Arif Noor Hartanto selaku Wakil Ketua DPRD DIY. Pertemuan yang diselenggarakan di Ruang Rapur lantai 1 tersebut membahas hubungan eksekutif dan legislatif dalam pembentukan peraturan daerah. Audiensi yang dilaksanakan pukul 10.00 tersebut diikuti oleh 125 mahasiswa dan 4 Dosen Pendamping, yaitu Mahsyud Asyhari, Nurjihad, Eko Rial Nugroho dan Ana Windyastuti.

Audiensi membahas pertanyaan yang muncul dari mahasiswa terkait pembuatan Perda, termasuk juga menanyakan kehadiran tim ahli yang dihadirkan saat pembuatan perda, sosialisasi serta partisipasi public dalam proses pembuatan perda.

Arif Nor Hartanto menjelaskan bahwa peran tim ahli selalu dibutuhkan dalam rapat yang diselenggarakan oleh pansus yang membahas. Karena, tim ahli yang terdiri dari pakar yang paham akan bidangnya, mampu dan selalu memberikan masukan serta saran.

Sosialisasi dilakukan dalam beberapa tahap untuk menggugah dan mengajak partisipasi publik. Tahap pertama, pada saat penyusunan rancangan peraturan daerah, publik sudah dilibatkan pada pertemuan sejenis Forum Group Discussion(FGD). Setelah itu, pada saat proses pembahasan dimulai, DPRD DIY melalui laman website resmi maupun media massa akan terus melakukan pemberitaan terkait raperda tersebut. Setelah peraturan yang dibahas sudah disetujui dan terdaftar di Kemendagri maka akan dikembalikan dan menjadi kewenangan Eksekutif secara penuh.

DPRD DIY juga selalu mengupayakan uji publik yang berkualitas agar informasi perda yang disosialisasikan dapat berjalan dengan baik. Karena, tidak hanya partisipasi masyarakat dalam kehadiran, namun juga diharapkan, masyarakat mampu memberikan masukan yang membangun. (nic/az)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*