Audiensi Penanganan Bencana Tanah Longsor di Musholla Asy-Syifa

DSC_0080Jogja, dprd-diy.go.id – Sekretaris Panitia Penanganan Bencana Longsor, Priyanto, telah menyampaikan kepada pihak-pihak terkait dan juga telah berusaha untuk melakukan penangan darurat, namun upaya-upaya tersebut belum membuahkan hasil untuk mengatasi tanah longsor sebagaimana diharapkan. Yang dikhawatirkan apabila tidak adanya penanganan tanah longsor yang terjadi secara berturut-turut, yaitu tanggal 14 April 2015, 3 Febuari 2016 dan terakhir tanggal 30 Maret 2016 akan semakin memperparah keadaan.

Saat ini kondisi terakir akibat dari peristiwa tanah longsor tersebut adalah robohnya Musholla Asy-Syifa, TPA, Pos Kamling dan 5 rumah warga yang berada di Desa Sidorejo, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Hal ini disampaikan di depan Pimpinan  dan anggota Komisi A DPRD DIY pada Audiensi di Ruang Lobby DPRD DIY, Selasa (19/7/2016).

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, sangat prihatin terhadap kejadian tanah longsor tersebut. Mestinya kalau mekanisme pelaporan sudah DSC_0081dilaksanakan dengan sebaik-baiknya harus ada tindakan segera untuk mengatasi mengingat bahwa saat ini sudah ada anggaran desa yang bisa untuk mengatasi hal tersebut. Namun demikian baik Eko Suwanto maupun Sutarman, Wakil Ketua Komisi A, melihat bahwa audiensi ke DPRD DIY adalah langkah benar. Komisi A DPRD DIY siap untuk mengawal dan mendukung terkait dengan pencegahan dan penangan tanah longsor di des Sidorejoa tersebut.  Hal yang sama juga disampaikan oleh Bambang Chrisnadi dan KPH Purbodiningrat untuk mengawal agar penangangan tanah longsor dapat segera diatasi dengan sebaik-baiknya agar tidak mengancam bangunan-bangunan lain.

“‘Jika tingkat kerusakan sudah mencapai beberapa persen jelas harus diadakan rekonstruksi Musholla ini selain itu untuk melihat jangka panjang jika desa memiliki lahan kosong dan tidak ada permasalahan atau mendapat persetujuan dari tiap warga mungkin bisa dipindahkan lokasi Musholla”’, tambah Bambang Chrisnadi. Hal yang sama juga disampaikan oleh KPH Purbodiningrat. “Saya akan terus mengawal serta terjun langsung dalam hal ini karena memang dapil saya”, tegasnya.

DSC_0082Dalam waktu dekat Komisi A DPRD DIY berjanji akan meninjau langsung tempat kejadian dan pihak-pihak terkait ke desa Sidorejo. Dalam kesempatan tersebut Eko Suwanto meminta kepada pihak-pihak terkait untuk segera menindaklanjutinya. Terkait dengan penganggaran untuk pencegahan longsor dan perbaikan Musholla ASy-Syifa, Komisi A DPRD DIY siap untuk mengawal dan mendukung untuk penanggaran penanganannya. Kolaborasi Badan Penanganan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Aparat Desa Ngestiharjo, dan pemberdayaan warga setempat untuk pencegahan dan penanganan bencana hendaknya terus ditingkatkan.

 

DSC_0084Pada akhir audiensi, baik Ketua Panitia Penanganan Bencana maupun Ketua Takmir menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan audiensi dengan baik oleh DPRD DIY dan berharap bahwa apa yang menjadi harapan masyarakat dapat segera dipenuhi dan diatasi segera.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*