Awal tahun DPRD DIY Berhasil Paripurnakan Dua Hal Sekaligus

DSC_0241Jum’at (08/01/2016) DPRD DIY melaksanakan rapat paripurna dua sekaligus. Rapat pertama tentang persetujuan dan penetapan pembentukan Panitia Khusus (Pansus). Terdapat dua pembahasan yaitu tentang Pengawasan atas Pelaksanaan Program/kegiatan yang didanai Dana Keistimewaan (Danais) serta pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Istimewa (Raperdais) DIY tentang kebudayaan. Sebagaimana tercantum dalam Tata Tertib DPRD DIY pasal 175 ayat (2) huruf g,   DPRD DIY memiliki tugas pengawasan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan Daerah, baik yang didanai oleh pusat maupun daerah. DPRD DIY hanya sebagai pengawas dan tidak memiliki kewenangan perencanaan dan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan. Meskipun demikian, DPRD tetap diberi tugas untuk melakukan pembahasan pertanggungjawaban pelaksanaanya dalam pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja dan Daerah (APBD).

Untuk memudahkan pengawasan, DPRD DIY membentuk Panitia Khusus. Adapun Pansus sebenarnya sudah terbentuk sejak tahun 2015. Karena masih ada persoalan yang belum terselesaikan, maka pembahasan dilanjutkan di tahun  2016 ini.

Paripurna kedua membahas  tentang penyusunan rincian pokok-pokok pikiran DPRD DIY berupa program/kegiatan prioritas dalam rangka penyusunan rencana kerja pembangunan daerah DIY tahun 2017. Keputusan tersebut didasarkan pada Keputusan DPRD DIY Nomor: 87/K/DPRD/2015 tentang Pokok–pokok Pikiran DPRD DIY terhadap Rencana Kerja Pembangunan Daerah Tahun 2017 sebagaimana tercantum dalam diktum 2 dan 3.

Kedua rapat paripurna tersebut didasarkan pada hasil keputusan rapat Badan Musyawarah DPRD DIY tanggal 4 Januari 2016. Ada hal yang berbeda pada kedua rapat tersebut. Rapat pertama turut mengundang Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sedangkan rapat paripurna kedua, hanya bersifat internal. Rapat berjalan lancar, dan suasana hangat terlihat selama rapat paripurna berlangsung. (S)

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*