Balegda DPRD Provinsi Kep. Bangka Belitung Berkunjung ke DPRD DIY

DSC_0432Kunjungan Balegda DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diterima oleh Wakil Ketua DPRD DIY Hj. Tutiek Masria Widyo, SE pada Senin (16/06) di Ruang Lobby Gedung DPRD DIY. Kunjungan ini terkait dengan efektivitas pembahasan raperda di akhir masa jabatan anggota DPRD, yang dihadiri oleh wakil ketua Badan Legislasi DPRD DIY, Ranny W.R, SE, MM.

Dalam kesempatan ini, sekaligus Balegda DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan studi banding terkait pelaksanaan reses tahun 2014. “Dana reses di DIY sebesar 13 juta rupiah untuk 3 kali pelaksanaan reses (3 kelompok) yang masing-masing kelompok terdiri dari 100 orang”, jelas wakil ketua badan legislatif DPRD DIY. Selanjutnya reses akan dirangkum dalam pokok-pokok pikiran anggota dewan.

Kebijakan yang ada di DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, seperti ungkap salah satu anggota badan legislasi DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bahwa anggota dewan tidak diperbolehkan melakukan perjalanan dinas ketika dilaksanakan rapat paripurna. Sedangkan DPRD DIY, dalam Kode Etik Badan Kehormatan DPRD DIY menyebutkan bahwa hak politik anggota dewan ditutup sehingga tidak diperbolehkan menghadiri rapat paripurna apabila yang bersangkutan melakukan perjalanan dinas pada hari yang sama pada saat rapat paripurna dilaksanakan. Hal ini dilakukan demi menghindari temuan-temuan yang tidak diharapkan pada nantinya, ungkap Yoeke Indra Agung L.

Ketua DPRD DIY menambahkan, “Dewan baru di periode yang akan datang (2014-2019) dibebani tugas pembahasan APBD murni tahun 2015, sedangkan APBD Perubahan dibahas oleh DPRD pada periode ini”. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi agar tidak terjadi ketidak sinambungan pada pembahasan APBD Perubahan jika dilakukan oleh DPRD Periode baru. (hms.efm)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*