Banyak Keluhan terkait Zonasi Sekolah

Kamis 22/2/2018 Komisi D DPRD DIY mengundang Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY Barkoro Aji membahas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018/2019.

Barkoro Aji menyampaikan penyelenggaraan PPDB bertujuan Penerimaan Peserta Didik Baru di sekolah pada jenjang pendidikan menengah dan pendidikan khusus bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara Indonesia usia sekolah agar memperoleh layanan pendidikan menengah atau pendidikan khusus sehingga dapat meningkatkan akses pendidikan. Penerimaan Peserta Didik Baru di sekolah pada jenjang pendidikan menengah dan pendidikan khusus berazaskan: Obyektivitas ,  Transparansi, Akuntabilitas, dan  Tidak diskriminatif.

Barkoro Aji juga menjelaskan Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2018 dengan sistem zonasi. perhitungan zomasi menggunakan jarak udara (foto udara) sebagai patokan bukan jarak darat.

Menanggapi zonasi sekolah tersebut Yazid anggota Komisi D menyampaikan aspirasi yang didapat di masyarakat bahwa ada yang mengeluh bahwa sebagian anak didik  masih ingin ke sekolah yang di anggap favorit.

menjawab apa yang yang di sampaikan terkait sekolah favorit Baskoro Aji menjawab bahwa dengan sistem zonasi ini di harap dapat meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan di DIY. Disamping zonasi ada pertimbangan dari prestasi juga bisa melalui jalur-jalur seperti reguler, olah raga dan seni.

Diakhir rapat Suwardi sekretaris Komisi D menekankan bahwa DISDIKPORA DIY harus terus melakukan sosialisasi secara baik agar masyarakat maupun penyelenggara pendidikan dapat mengikuti sistem ini dengan benar, sehingga Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018/2019 berjalan dengan baik. (az)

 

ketua

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.