Beberkan Penggarapan Raperda Energi Terbarukan

Jogja, dprd-diy.go.id- Wakil Ketua DPRD DIY Rani Widayati dan Dharma Setiawan menerima kunjungan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Jawa Tengah. Kunjungan yang dipimpin Yudi Indras tersebut dimaksudkan mencari referensi untuk penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Umum Energi Daerah.

Rani Widayati menuturkan DIY saat ini, melalui Panitia Khusus (Pansus) tengah membahas Raperda Energi Terbarukan. Diakui Rani, politisi asal Fraksi Golkar tersebut menyebut proses pembahasan Raperda Energi Terbarukan mendatangkan Pakar dan tenaga ahli untuk turut andil dalam pengkajian dan pemuatan materi.

Adapun Dharma Setiawan berharap Raperda Energi Terbarukan  yang tengah digarap DIY dapat menjadi rujukan provinsi lain. Ke depan Raperda diharapkan menjadi payung hukum bagi masyarakat yang mengembangkan usaha di bidang tersebut.

DIY berpotensi besar memiliki energi terbarukan seperti energi matahari, gelombang laut, angin, sampah dan limbah. Dharma menuturkan pentingnya pendampingan perusahaan-perusahaan yang memiliki limbah seperti limbah minyak.

Di akhir pertemuan, Dharma meminta kepada Sekretariat DPRD DIY untuk mengirimkan file Raperda Energi Terbarukan jika sudah disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). “Kami akan bekerja secara intensif supaya Raperda ini dapat segera disahkan dan dilaksanakan di tahun depan.” (S)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*