Berdiskusi Untuk Tingkatkan Kualitas Kinerja Sekretariat DPRD Solotigo

IMG_0348Jogja, dprd-diy.go.id. Kamis (03/03/2016) Pujiati, Kepala Bagian Humas dan Protokol menerima tamu dari Sekretariat DPRD Salatiga, Jawa Tengah. Kunjungan lebih dari satu jam tersebut diakui oleh Agung Susetyo, Ketua Rombongan, digunakan untuk berdiskusi dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas kerja di sekretariat DPRD Salatiga. Beberapa hal yang turut dibahas, di antaranya terkait dengan reses dewan dan pembentukan Perda (Peraturan Daerah) dan pengelolaan website di DPRD DIY.

Puji menuturkan reses dewan DPRD DIY dilakukan tiga kali dalam setahun. Reses tahun 2016 sedikit berbeda dengan tahun 2015. Jika tahun 2015 dilaksanakan tiga hari setiap sekali reses, tahun 2016 menjadi empat hari setiap kali reses. Begitu juga dengan adanya penambahan audiens di tahun 2016. Jika tahun 2015 minimal 100 audiens, tahun 2016 minimal 150 audiens.

Adapun terkait dengan pembentukan perda, inisiatifnya bisa berawal dari eksekutif atau komisi-komisi. Inisiatif akan disampaikan kepada anggota DPRD DIY ketika telah dilakukan pengkajian terlebih dahulu oleh Bapemperda (Badan Pembentukan Peraturan Daerah) DIY.  Hasil dari kajian tersebut kemudian disampaikan baik kepada anggota  maupun pimpinan DPRD DIY.  Pembahasan selanjutnya dibentuklah Pansus. Pansus diberikan fasilitas public hearing guna menjaring aspirasi dari masyarakat, serta kunjungan untuk mendapatkan informasi terkait Raperda yang sedang dibahas.

Sementara permintaan informasi terkait dengan pengelolaan website DPRD DIY langsung diterima oleh Pat Nugraha, Kepala Sub Bagian Humas, Data dan TI.  Dalam penjelasannya, Pat menyampaikan bahwa pengelolaan website www.dprd-diy.go.id ini, harus selalu update dan realtime. “Kita berusaha setiap kegiatan yang ada di DPRD DIY ini bisa masuk hari itu juga. Ini sesuai dengan harapan yang disampaikan baik oleh Bapak Sekwan”,  jelasnya. “Juga diharapkan informasi juga bisa disampaikan secara lengkap”.

Selain diskusi, rombongan juga melihat ruang pengelolaan server, ruang perpustakaan, dan ruang penataan untuk kegiatan Rapat Paripurna yang ada di Sekretariat DPRD DIY.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*