Kabupaten Bintan Konsultasikan Persiapan Menghadapi MEA Ke DPRD DIY

IMG_20160401_121522Jumát (1/04/2016) DPRD Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau. Bersama  rombongannya, Umar Ali Rahmuti meminta pandangan DPRD DIY terkait mutu pelayanan kesehatan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Umar Ali Rahmuti  bersyukur, karena kunjungannya kali ini mendapatkan sambutan hangat dari ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana. Yoeke sapaan akrab Yoeke Indra Agung Laksana, mengaku senang dan mengapresiasi langkah DPRD Kabupaten Bintan yang sigap dalam menanggapi MEA.

Etik salah satu perwakilan dari Dinas Kesehatan DIY mengutarakan bahwasanya DIY telah memiliki progam pelatihan keluarga. Kesehatan pertama kali harus dikenalkan dan diterapkan dalam keluarga. Etik mencpontohkan jika gaya hidup seorang bapak tidak mencerminkan gaya hidup yang sehat, anak-anak akan cenderung menirunya.

Etik bersyukur karena DIY dalam hal kesehatan mendapatkan perhatian serius dari DPRD DIY. Anggaran kesehatan semakin tahun semakin bertambah. Termasuk jaminan kesehatan yang diperuntukkan kepada seluruh warga DIY.

Adapun Sambudi dari partai Nasdem menjelaskan adanya Perda yang mengatur tentang makanan tradisional yang sehat. Termasuk pada makanan-makanan yang dijadikan suguhan dalam rapat. “Seperti kotak ini.”Kata Sambudi sembari menunjuk snek yang ada di hadapannya.

Membahas tentang MEA, pembahasan berlanjut tidak hanya terkait kesehatan, begitu juga dengan pariwisata dan keistimewaan DIY. Sambudi menuturkan DIY telah mencanangkan desa-desa wisata. Alasannya agar selain menjadikan wisatawan dapat lebih lama tinggal di DIY, juga untuk mengangkat pembangunan desa-desa di DIY.

Adapun keistimewaan DIY, Anwar Hamid mengulas tentang Paramparapraja sebagai lembaga penasehat Sultan. Anwar Hamid bercerita, adanya Paramparapraja adalah untuk mengaktualisasikan kembali suatu hal yang pernah dilaksanakan di zaman dahulu. Dahulu ulama’dipilih untuk memberikan nasehat kepada raja. (S)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*