Cari Tahu Relasi Pemda Dan Pemerintah Pusat

Jum’at (26/05/2017) Mahasiswa API (Akademisi Pariwisata Indonesia) berkunjung ke DPRD DIY demi mendapatkan tambahan wawasan mengenai relasi  hubungan antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Arif Noor Hartanto yang dalam kesempatan tersebut menerima kedatangan mahasiswa API, menjelaskan terkait Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 18 yang menjadi dasar fundamental hubungan antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat.  pasal 18 tersebut terdiri dari tujuh ayat yakni;

  1. Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah-daerah provinsi dan daerah provinsi itu dibagi atas kabupaten dan kota, yang tiap-tiap provinsi, kabupaten, dan kota itu mempunyai pemerintahan daerah, yang diatur dengan undang-undang.
  2. Pemerintahan daerah provinsi, daerah kabupaten, dan kota mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan.
  3. Pemerintahan daerah provinsi, daerah kabupaten, dan kota memiliki Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang anggota-anggotanya dipilih melalui pemilihan umum.
  4. Gubernur, Bupati dan Walikota masing-masing sebagai Kepala Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota dipilih secara demokratis.
  5. Pemerintah daerah menjalankan otonomi seluas-luasnya, kecuali urusan pemerintahan yang oleh undang-undang ditentukan sebagai urusan Pemerintah Pusat.
  6. Pemerintahan daerah berhak menetapkan peraturan daerah dan peraturan-peraturan lain untuk melaksanakan otonomi dan tugas pembantuan.
  7. Susunan dan tata cara penyelenggaraan pemerintahan daerah diatur dalam undang-undang.

Selanjutnya Arif Noor Hartanto atau yang akrab disapa Inung menuturkan da;lam pasal tersebut tidak mengatur jumlah atau batas provinsi. “Maka tidak heran kita jumpai jumlah provinsi di Indonesia bertambah.” Jelasnya. Hal tersebut tidak menjadi masalah, yang terpenting tetap menjada dan menegakkan UUD 1945 dan berkomitmen penuh menjaga dan mempertahankan kesatuan negara republik indonesia (NKRI). (S)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*