Cari Tahu Tentang Peran Dewan Dalam LKPJ

Selasa (11/04/2017) DPRD Provinsi Jambi berkunjung ke DPRD DIY guna mendapatkan masukan terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ). Kunjungan tersebut diterima oleh Wakil Ketua DPRD DIY, Arif Noor Hartanto. Inung sapaan akrab Arif Noor Hartanto mengemukakan DPRD DIY selalu membuat mekanisme pembahasan LKPJ dengan melibatkan eksekutif. “Karena eksekutif ialah mitra dalam berpansus.” Jelas Inung.

Pelibatan eksekutif tidak mengharuskan kepalanya harus hadir, melainkan dapat diwakilkan. Namun yang terpenting perwakilan eksekutif yang hadir mampu menjawab berbagai pertanyaan guna menghasilkan kecermatan dalam menganalisis LKPJ. Selain pencermatan terhadap LKPJ, yang dilakukan DPRD  bersama eksekutif ialah melakukan tinjauan, guna memastikan LKPJ sesuai dengan yang real di lapangan.

Adapun Pansus yang menangani LKPJ, melibatkan keterwakilan dari masing-masing komisi di DPRD DIY. selama ini diakui Inung, belum ada aturan pola relasi hasil-hasil pengawasan dan pembahasan komisi-komisi dalam Pansus. Hal-hal yang dibahas dalam Pansus biasanya terkait hal baru bukan hasil dari komisi-komisi. “Kecuali dari komisi sendiri yang menyertakan membahasa suatu permasalahan dalam pansus.” Tambahnya.

Ditanya perihal tolok ukur DPRD DIY saat melakukan analisis terhadap LKPJ, Inung menuturkan melibatkan akademisi atau pakar ahli untuk turut menganalisis. “Keberadaan pakar ahli sangat membantu dalam analisis.” Ungkap Inung. (S)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*