Dana Desa yang terlambat di keluhkan

komisi a tinjau tata pemerintahan di panjatan kulonprogo (19)Sebagai mitra kerja eksekutif di bidang pemerintahan Komisi A melaksanakan peninjauan Tata kelola pemerintahan di kabupaten Kulonprogo tepatnya di Kecamatan Panjatan. Berangkat dari kantor DPRD Komisi A pergi bersama pendamping dari Biro Tata Pemerintahan Pemda DIY dan KPID DIY.

Sesampainya di lokasi Komisi A Sukarman, SPd (wakil ketua Komisi A), Hery Sumardiyanta (sekretaris Komisi A) Rendradi Suprihandoko, SH, M.Hum (anggota Komisi A DPRD DIY) Slamet, S.Pd, MM bersama rombongan di sambut oleh Camat Kecamatan Panjatan berserja jajaran juga seluruh kepala desa sekecamatan Panjatan.

Sudarmanto selaku Camat kecamatan Panjatan memaparkan kondisi dan keadaan faktual yang terjadi di Kec. Panjatan. terdapat kendala yang dirasakan ialah —Penetapan pagu indikatif dan definitif sangat terlambat, bahkan pagu ADD, BHR, BHP akhir februari (4 kali perubahan) juga —Penyampaian dana Dana Desa (DD) sangat terlambat (termin III di desember tanggal 25). —Di luar hal itu  Sudarmanto menanyakan beberapa proses pengadaan tanah pengganti tanah kas desa terkendala  pergub 112/2014 juga mau di statuskan apa ? Tanah kraton atau Tanah Desa.

Rendradi Suprihandoko, SH, M.Hum menanggapi persoalan pendaftaran tanah atau status tanah desa masalah seperti ini tidak mudah selain karena ada gensi instansi (BPN) juga ini terkait Sultan ground dan Pakualaman ground. Namun di Sleman untuk tanah Desa sudah di terdata hal ini juga ada peran pemda sleman yang memfasilitasi. Sleman cenderung lebih mudah karena tanah SG dan PA lebih sedikit di bandingkan dengan Kab. Kulonprogo.

disambung Sukarman, SPd (wakil ketua Komisi A) yang juga wakil rakyat dari dapil Kulonprogo ini menyampaikan terkait Dana desa mohon hal ini perlu di jadikan catatan dan perhatian Biro Tata pemerintahan DIY agar penyaluran anggaran sesuai jadwal. (az)

komisi a tinjau tata pemerintahan di panjatan kulonprogo (11) komisi a tinjau tata pemerintahan di panjatan kulonprogo (42) komisi a tinjau tata pemerintahan di panjatan kulonprogo (30)

 

komisi a tinjau tata pemerintahan di panjatan kulonprogo (24)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*