DEWAN KELUHKAN FASILITAS TRANSJOGJA

TRANSJOGJATidak hanya penumpang dan masyarakat yang mengeluhkan Transjogja. Begitu juga dengan Komisi C yang merasa telah melakukan evaluasi dengan Dishub (Dinas Perhubungan) namun tak segera mendapatkan jawaban dan hasil nyata. Tragedi ban lepas, asap mengepul Transjogja dianggap komisi C sebagai pemandangan yang sangat tidak layak. Sehingga, hari ini komisi C menggelar rapat guna membincangkan permasalahan Transjogja. Huda Tri Yudiana menagih janji adanya Transjogja baru.

Menanggapi hal tersebut, Agus Minang, Dishub DIY menuturkan kemungkinan Transjogja baru dapat dioprasikan pada 11 Mei 2016. “11 April bis sudah datang, tapi harus mengurus pengoprasiannya seperti STNK.” Tuturnya.

Anton Prabu Semendawai, mengusulkan agar di kota diberi satu armada pariwisata berbayar. “Misal sekali bayar Rp. 50000, tapi dapat menikmati beberapa wisata.” Ungkapnya. Selain itu, armada pariwisata tersebut dilengkapi sejenis gaet yang memberikan keterangan sejarah pariwisata yang dikunjungi. “Tentunya pengunjung diberi batasan waktu.” Tambahnya.

Selain membahas Transjogja, komisi C dengan Dishub membahas tindak lanjut audiensi paguyuban taksi. Chang Wendrayanto mengemukakan, pentingnya perizinan terhadap transporatasi ilegal. Ia tidak memungkiri kebutuhan masyarakat yang saat ini lebih realistis. “Yang dicari masyarakat adalah yang aman, nyaman dan murah.”

Begitu juga dengan Suharwanto, yang berharap regulasi segera dibentuk agar tercipta kondisi yang lebih baik, teratur dan berkeadilan. Menanggapi hal tersebut, Rizki Budi Utomo menututurkan, yang menjadi permasalahan bukanlah aplikasi online-nya, melainkan oprasinya karena tidak memiliki izin.

Termasuk Gojek dan rental mobil yang kini mulai bertebaran. Terlebih Gojek dalam Undang-Undang tidak menyebutklan adanya transportasi roda dua. Pembahasan semakin serius dan  diperlukan pembahasan lebih detail disertai kajian.  Sutata, ketua komisi C akan lebih bertindak cepat dan cermat dalam menangani masalah tersebut. Ia juga berharap pembentukan regulasi, tidak hanya sekedar dibentuk namun tidak terimplementasi di masyarakat. (S)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*