Dewan Meminta Agar Eksekutif Menyiapkan Bahan untuk Usulan Raperda

Jogja, dprd-diy.go.id – Jumat (6/1) Badan Pembentukan Peraturan Daerah dan/atau Pembentukan Daerah melaksanakan rapat membahas Rancangan Peraturan Daerah dan/atau Rancangan Peraturan Daerah Istimewa (Raperda dan/atau Raperdais) Triwulan I Tahun 2017 di Ruang Bapemperda lantai 2 Gedung DPRD DIY. Rapat tersebut dihadiri oleh Pimpinan Bapemperda, Kepala Biro Organisasi Setda DIY, Kabag Perundang-undangan Biro Hukum Setda DIY, Setwan-setwan DPRD DIY, Perwakilan Dinas Kebudayaan DIY, Perwakilan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY, anggota Bapemperda, Kepala Biro Tapem Setda DIY.

Dalam rapat ini dibahas tiga Raperda, yaitu Rancangan Peraturan Daerah Tata Ruang Keistimewaan (Raperdais) dan Raperda Kebudayaan, dan Raperda tentang Perubahan Kelembagaan Pemda DIY. Sri Maryani Biro Hukum DPRD DIY menjelaskan, Raperda Kebudayaan akan diperbaiki. “Biro Hukum juga akan mengirim surat kepada Dinas Perhubungan untuk memperbaiki NA dan Raperda tersebut” ujar Sri. Terkait dengan Raperda Tata Ruang Keistimewaan (Raperdais), masih dalam proses dan akan berkoordinasi dengan Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan, tambahnya.

Sedangkan Raperda tentang Perubahan Kelembagaan Pemda DIY akan menjadi kewenangan DIY. “Raperda tentang Urusan Pemerintahan selanjutnya menjadi kewenangan Pemerintah DIY”, jelas Jarot Budi Harjo, Kepala Biro Organisasi Setda DIY.

Terakhir, Wakil Ketua Bapemperda DIY Rendradi Suprihandoko mengingatkan “Untuk eksekutif, agar semuanya dapat disiapkan dengan baik meliputi NA dan Draft Raperdanya, jangan menunda-nunda”, tutupnya. (as)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.