DIY Upayakan Pembentukan Perda Tanggungjawab Sosial Dan Lingkungan Perusahaan

suwardi Pelaksanaan pembangunan berkelanjutan sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat serta kelestarian fungsi lingkungan hidup merupakan bagian integral dalam penyelenggaraan pemerintahan DIY. Karenanya perlu adanya sinergitas antara para pelaku dunia usaha dan masyarakat melalui pemanfaatan program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Selain itu, diperlukan Perda (Peraturan Daerah) agar pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dapat terlaksana secara optimal.

DPRD DIY melalui Pansus telah melakukan pembahasan pembentukan Perda tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Dipimpin Suwardi fraksi Golkar, Pansus ini membahas bersama dengan eksekutif terkait pada Senin (14/03/2016).

Di antara tujuan akan dibentuknya Perda tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan yakni pertama terwujudnya batasan yang jelas tentang tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan beserta pihak–pihak yang menjadi pelakunya. Kedua, terpenuhinya penyelenggaraan tanggungjawab sosial perusahaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan program pembangunan daerah. Ketiga, memberikan arahan dan pedoman penyelenggaraan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam suatu koordinasi terpadu. Ke empat, terwujudnya kepastian hukum bagi perusahaan dalam pelaksanaan tanggungjawab sosial perusahaan secara terpadu dan berdaya guna. Ke lima, melindungi perusahaan agar terhindar dari pungutan yang dilakukan pihak-pihak yang tidak berwenang. Ke enam sebagai dasar pemerintah daerah untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah menyelenggarakan program TSLP (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan) dengan memberi penghargaan serta pemberian kemudahan dalam pelayanan administrasi. (S)

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*