DPRD DIY AJAK MASYARAKAT SIAP SONGSONG HARI RAYA IDUL FITRI

DSC_1483Menjelang hari raya idul fitri 1436 H berbagai masalah terjadi di DIY.  Lalu lintas, kemacetan, keterbatasan lahan parkir hingga kenaikan harga bahan pokok merisaukan masyarakat DIY. Mengantisipasi hal tersebut, Arief Noor Hartanto, S.IP wakil ketua DPRD DIY menggandeng Direktorat Lalulintas (Ditlantas), Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), dan Dinas Perindustrian Perdangan dan Koperasi (Disperindagkop) pada selasa (07/07) . Ketiga pakar tersebut sengaja dihadirkan untuk memberikan paparan kesiapan menyongsong hari raya idul fitri 1436 H.

Tulus Ikhlas dari Dishubkominfo mengaku telah menyiapkan pengalihan arus demi menanggulangi kemacetan di DIY menjelang dan paska lebaran. 31 pos dibentuk dan 2600 personil diterjunkan di lapangan. Ditlantas juga membentuk tim pengurai kemacetan dengan memasang CCTV di ruas jalan. Jika CCTV menunjukkan terjadi kemacetan, tim akan segera bertindak. Ruas-ruas kemacetan diperkirakan terjadi di jalur-jalur kereta api, Jogja City Mall, Ambarukmo Plaza dan Malioboro. “Permasalahan di Malioboro adalah parkir.” Ungkap Tulus. Terbatasnya lahan parkir menjadikan jalanan sesak dan memicu kemacetan.

Pernyataan serupa dituturkan oleh Sigit Haryanto dari Dihubkominfo. 46 simpang diduga rawan kemacetan. Misal pasar Tumpah. Sigit mengaku telah menyiapkan pembangunan pos serta bekerjasama dengan Disperindagkop dan Bupati setempat.

Berdasarkan pengamatan Dishubkominfo, penggunaan bus mengalami penurunan. Pemudik memilih menggunakan jasa kereta api, mobil pribadi, travel dan memanfaatkan mudik gratis yang diselenggarakan PT. Jasa Raharja (Persero).

Masalah lain yang turut diantisipasi menjelang hari raya idul fitri adalah kebutuhan pokok. Disperindagkop membentuk tim monitoring harga. Hal tersebut dilakukan demi kestabilan harga bahan pokok. Selain itu Disperindagkop mengadakan pasar murah. Kegiatan ini diadakan supaya lebaran menjadi momen menyenangkan masyarakat. (S)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*