DPRD DIY Bahas Baku Mutu Air Limbah

balBaku mutu air limbah saat ini menjadi salah satu fokus perhatian DPRD DIY. Bersama eksekutif, Pansus (Panitia Khusus) DPRD DIY membahas baku mutu air limbah pada Senin (14/03/2016).  Pembahasan ini didasarkan pada Perda (Peraturan Daerah) nomor 3 tahun 2015 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Pansus yang dipimpin oleh Chang Wendrayanto membatasi pengertian air limbah sebagai sisa dari suatu usaha dan/ atau kegiatan yang berwujud cair. Adapun baku mutu air limbah didefinisikan sebagai ukuran batas atau kadar unsur pencemar dan/atau jumlah unsur pencemar yang ditenggang keberadaannya dalam air limbah yang akan dibuang atau dilepas ke dalam sumber air dari suatu usaha dan/atau kegiatan yang meliputi kegiatan industri, pelayanan kesehatan dan jasa pariwisata.

Terdapat tiga asas dalam penetapan baku mutu air limbah, yakni tanggung jawab, kelestarian dan berkelanjutan, serta manfaat.

Adapun tujuan dari pengaturan baku mutu air limbah untuk mencegah terjadinya pencemaran air, mewujudkan kualitas air sungai yang sesuai dengan peruntukannya, dan menjamin pelestarian fungsi lingkungan hidup. (S)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*