DPRD DIY Gelar Forum Aspirasi Pasca Penetapan Dan Menjelang Palantikan Wagub DIY Sisa Masa Jabatan 2012-2017

pasca penetapan dan menjelang pelantikan wagubJogja, dprd-diy.go.id – Senin,(9/5/2016) DPRD DIY mengadakan Forum Aspirasi Pasca Penetapan dan Menjelang Pelantikan Wakil Gubenur (Wagub) DIY sisa masa jabatan 2012-2017. Berlokasi di ruang lobi lantai I, Yoeke Indra Agung Laksana Ketua DPRD DIY, dan Arief Noor Hartanto Wakil Ketua DPRD DIY didaulat sebagai narasumber. Narasumber lainnya yakni Yohanes Hartanto pakar Hukum Tata Negara Universitas Atmajaya, dan Arie Sudjito Dosen Fisip UGM.

Pasca DPRD DIY memutuskan rapur penetapan Paku Alam X sebagai Wagub DIY, pihaknya menindaklanjuti dengan mengusulkan langkah-langkah korespondensi pelantikan Wagub DIY dilaksanakan di DIY.  Yoeke sapaan akrab Yoeke Indra Agung Laksana akan meminta undangan pelantikan tidak hanya dihadiri oleh pimpinan dewan, melainkan juga dihadiri oleh keseluruhan anggota dewan.

Selain diharapkan pelantikan Wagub DIY dilaksanakan di DIY, DPRD DIY juga akan mengajukan permintaan kepada Sekretariat Negara agar pelantikan Wagub DIY tidak dibarengkan dengan pelantikan kepala daerah lainnya.

Merespon keinginan DPRD DIY tersebut, Yohanes Hartanto sebagai pakar hukum menilai hal tersebut sebagai bentuk kewajaran karena DIY sebagai daerah istimewa yang diatur secara tersendiri berbeda dengan lainnya. “DIY memakai UU Keistimewaan DIY No. 13/2012”,jelasnya.

Adapun, Arie Sudjito berharap agar DIY dapat menjadi pelopor provinsi lainnya dari berbagai aspek. “DIY memiliki UU Keistimewaan, yang keistimewaannya harus dibaca dalam konteks ke-Indonesiaan.” Tuturnya.

Arief Noor Hartanto mengungkapkan hasil aspirasi dari forum aspirasi yang digelar di DPRD DIY tersebut akan disampaiakan ke Jakarta oleh Badan Musyawarah. Inung sapaan akrab Arief Noor Hartanto berharap keinginan pelantikan Wagub di DIY dapat terwujud. (S)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*