DPRD DIY Jalin Persahabatan dengan Parlemen Gyeongsangbuk-Do, Korea Selatan

dsc_0661Kamis, (8/09/2016) DPRD DIY jalin persahabatan dengan Parlemen Gyeongsangbuk-Do, Korea Selatan. Arief Noor Hartanto, Wakil Ketua DPRD DIY mengaku senang dan berharap pertemuan antara DPRD DIY dan Parlemen Gyeongsangbuk-Do dapat meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan di antara kedua parlemen provinsi Gyeongsangbuk-Do dan DPRD DIY terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Inung, sapaan akrab Arief Noor Hartanto mengaku kerjasama yang terjalin tersebut merupakan tindaklanjut atas kerjasama yang telah dijalin antara pemerintah provinsi DIY dengan pemerintah provinsi Gyeongsangbuk-Do. “Telah dilakukan penandatanganan MOU oleh Gubenur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan gubernur provinsi Gyeongsangbuk-Do, Kim Kwan Yong pada hari Rabu, 31 Agustus 2016.” Jelasnya.

Bentuk-bentuk kerjasama disebutkan inung meliputi empat bidang yakni seni, budaya, pendidikan, dan pertanian atau perikanan.  “Kami siap untuk selalu mendukung sepenuhnya rintisan kerjasama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari kedua provinsi. “ Tambah Inung.

Inung juga mengaku siap dan senang hati untuk melakukan kunjungan balik ke parlemen Gyeongsangbuk-Do, Korea Selatan guna memantapkan dan menindaklanjuti hal-hal yang telah dirintis saat ini. Mendengar pernyataan tersebut, dalam sambutannya Jang Dae Jin selaku ketua tim hubungan persahabatan berharap dan menunggu DPRD DIY berkunjung ke parlemen Gyeongsangbuk-Do.

Pada pertemuan tersebut, kedua belak pihak sama-sama memberikan cinderamata sebagai simbol jalinan persahabatan dan kerjasama. Sebelum menyerahkan cinderamata berupa topeng tradisional, Jang Dae Jin menjelaskan topeng tersebut sebagai warisan budaya. Sedangkan dari DPRD DIY, cinderamata berupa andong diberikan. Inung mengungkapkan bahwasanya andong merupakan alat transportasi di DIY yang dilindungi oleh Peraturan Daerah agar terlestarikan.

Usai penyerahan cinderamata, inung mengajak rombongan tim hubungan persahabatan melihat-lihat ruang paripurna serta foto bersama. Ruang paripurna tersebut terletak tepat disamping ruang transit yang digunakan dalam pertemuan persahabatan tersebut. (S)

dsc_0687

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*