DPRD DIY Menerima Kunjungan Kerja dari BK DPRD Provinsi Jawa Timur

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DPRD DIY) menerima kunjungan dari Badan Kehormatan (BK) DPRD Provinsi Jawa Timur pada Senin lalu (8/12). Bertempat di Ruang Transit Gedung DPRD DIY, kunjungan kerja ini dihadiri oleh Wakil Ketua III DPRD DIY Dharma Setiawan dan Ketua Fraksi Kebangkitan Nasional Sukamto.

Anisah Syakur, Ketua BK DPRD Provinsi Jawa Timur, mengungkapkan bahwa pihaknya datang berkunjung ke DPRD DIY guna bersilaturahmi dan sharing mengenai hal-hal umum terkait BK untuk peningkatan kinerja anggota dewan. Wakil Ketua BK DPRD Provinsi Jawa Timur, Basuki Babussalam menanyakan beberapa hal terkait dengan APBD, agenda anggota dewan jika alat kelengkapan dewan (AKD) belum terbentuk, dan kode etik anggota dewan.

 Dharma Setiawan mengakui bahwa pembentukan AKD di DPRD DIY belum jelas. “Tapi pembicaraan sudah ada. Kami ingin menggugah teman-teman yang lain”, ujarnya. Ia juga mengatakan bahwa tata tertib dewan sudah selesai. Begitupun dengan penetapan APBD. Hanya melaksanakan tata tertibnya saja yang belum. Menurutnya, di DIY ada kontestasi antar partai politik pasca pemilihan presiden. Namun pihaknya akan mengupayakan agar AKD segera terbentuk.

Mantan Ketua BK DPRD DIY periode lalu, Sukamto menyatakan bahwa kode etik sudah disahkan. “Tapi masih ada pro kontra, karena masih ada fraksi yang belum bisa menerimanya”, kata politisi PKB itu. Terkait dengan BK pada periode lalu, ia menambahkan bahwa BK merupakan orang tua bagi anggota dewan. Bukan menjadi momok yang menakutkan. “Kalau sudah keterlaluan baru panggil BK”, ucapnya. (WS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*