DPRD DIY Tiru Gaya BPK

Selama dua hari  tepatnya pada senin dan selasa (2-3/5/2016) Panitia Khusus BA 11 Tahun 2016 melakukan cross check ke Kasubdit Wilayah II Direktorat Fasilitasi KDH danDPRD Direktorat Jenderal Otonomi Daerah. Dokoordinatori Dharma Setiawan, Pansus diterima  Amaliani Tri Murti pada. Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Gubernur (LKPJ) dibahas dalam pertemuan tersebut. “ DPRD sebagai mitra kerja dan pengawas Pemerintah Daerah harus melakukan cross check terkait kegiatan-kegiatan di SKPD dan kinerja dan capaian-capaian yang telah dilaksanakan SKPD.” Ungkap Dharma Setiawan.

Dharma mengungkapkan salah satu peran DPRD adalah sebagai pengawas, termasuk memberikan rekomendasi atas LKPJ Gubenur. Pertemuan tersebut menghasilkan perlunya mencontoh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam melakukan pemeriksaan di SKPD, sehingga apabila DPRD sesuai dengan tussie dapat menyampaikan rekomendasi sesuai dengan apa yang ada di lapangan.

Tidak hanya soal pengawasan, terkait teknis dan format penulisan pun turut dibahas. Modifikasi format penulisan rekomendasi LKPJ Gubernur agar disusun lebih informatif, efektif dan efisien.Dalam penyusunannya,, DPRD harus menggunakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sebagai bahan sandingan dalam pembahasannya.(S)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*