DPRD Kab POHUWATO kunjungi DPRD DIY Pahami Pola Anggaran & Kebijakan Pendidikan.

IMG_5778 - CopySelasa, (05/03) rombongan dari DPRD Kab. Pohuwato Provinsi Gorontalo melaksanakan kunjungan kerja terkait dengan Konsultasi dan Korrdinasi Dana Dukungan terhadap Pendidikan.  Di pimpin  oleh anggota dewan Iriani Pramastuti dan Agus Sumartono, S. Si di ruang Lobby Lantai I DPRD DIY.

Pimpinan rombongan DPRD Kab. Pohuwato menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan yaitu ingin mengetahui bagaimana pola anggaran dan kebijakan Pendidikan di Provinsi DIY. “Pendanaan pendidikan di Yogyakarta diantaranya di biayai dengan dana dari program BOS dan pemerintah daerah mempunyai anggaran yaitu BOSDA, beasiswa Retrieval yang Tujuan Memberikan kesempatan kepada penduduk usia 7-12 tahun yang putus sekolah dan atau terancam putus sekolah jenjang SD, usia 13 – 15 tahun yang telah lulus SD/MI tahun 2009 dan sebelumnya, atau putus sekolah atau terancam putus sekolah jenjang SMP karena faktor ekonomi keluarga untuk kembali bersekolah sampai lulus pada jenjang SMP/MTs.” diungkapkan oleh Iriani Pramastuti.

Lanjut Agus Sumartono, S. Si  “bahwa yogyakarta telah memiliki peraturan daerah yang mengatur tentang Pendidikan. Yaitu PERDA Tentang Sistem Penyelenggaraan Pendidikan, Pendanaan pendidikan menjadi tanggungjawab bersama antara Pemerintah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah dan masyarakat. Dana pendidikan dari Pemerintah Daerah yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) paling sedikit 20% (dua puluh persen) diluar biaya pendidikan kedinasan dan PERDA Provinsi DIY Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Budaya. Pendidikan berbasis budaya adalah pendidikan yang diselenggarakan untuk memenuhi standar nasional pendidikan yang diperkaya dengan keunggulan komparatif dan kompetitif berdasar nilai-nilai luhur budaya dengan meningkatkan muatan lokal ditingkatkan. Yogya juga miliki PERDAIS, namun masih diraba-raba akan di gunakan untuk apa.” (hms.Az).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*