DPRD Provinsi Jawa Barat Tertarik Inisiasi Raperda DPRD DIY tentang Adminduk

DSC_0047Selasa (3/3) Badan Musyawarah DPRD Provinsi Jawa Barat berkunjung ke DPRD DIY dalam rangka bertukar informasi masalah penyusunan rencana kerja dan pertimbangan-pertimbangan untuk Pimpinan DPRD Provinsi Jawa Barat.  Diterima oleh Dharma Setiawan, MBA bertempat di ruang Lobby Lt 1 Gedung DPRD DIY.

Terkait dengan administrasi kependudukan (adminduk), kewenangan sebenarnya berada pada Kabupaten akan tetapi DPRD DIY melihat bahwa basis kependudukan sangat dibutuhkan. Dengan adanya penyusunan raperda ini diharapkan dapat menjadi lebih baik. Terlebih dengan tingkat migrasi yang cukup tinggi di DIY. Dalam adminduk anak-anak tidak dimasukkan dalam data, sehingga profil data dapat dikatakan kurang. DIY memiliki wilayah yang cukup kecil, oleh karena itu diperlukan konsolidasi adminduk yang cukup baik.

DPRD Provinsi Jawa Barat mengapresiasi inisiasi perda tentang kepedudukan tersebut. Hal ini dinilai sangat penting untuk data penduduk, karena sesuai dengan data yang diperoleh Bapenas oleh BPS penduduk yang tercatat adalah penduduk yang berusia 17 tahun atau bagi yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk. Untuk itu, ungkap pimpinan rombongan Abdul Harris Babihoe, adanya inisiasi raperda tentang administrasi kependudukan dapat meng-cover data kependudukan dengan lebih baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*