DPRD Provinsi Lampung Berharap Dapat Tiru DIY

dsc_1141Rabu (14/12/2016) DPRD Provinsi Lampung berkunjung ke DPRD DIY. Kebijakan pengelolaan keuangan daerah dan sumber-sumber pendapatan asli menjadi hal yang dilirik dipelajari untuk dapat dijadikan referensi DPRD Provinsi Lampung. Hal tersebut diungkapkan oleh Ikhwan Fadhil Ibrahim selaku koordinator. Selain, tentang pengelolaan keuangan Ikhwan Fadhil Ibrahim berharap dijelaskan terkait pengembangan pariwisata di DIY.

Menanggapi hal tersebut, wakil ketua DPRD DIY Dharma Setiawan mengaku senang atas dipilihnya DIY sebagai referensi untuk membangun dan mengembangkan Lampung. Dharma Setiawan, politikus asal fraksi Gerindra menyebut kunci DIY dalam mengelola keuangan dan mencari sumber-sumber pendapatan keuangan ialah dengan cara memupuk hubungan yang harmonis antara eksekutif dan legislatif. Artinya, sepakat bahwa DIY diarahkan pada peningkatan ekonomi dengan basis kesejahteraan masyarakat. Karenanya, kerjasama dengan berbagai pihak dilaksanakan demi teraksesnya peningkatan perekonomian.

Dharma mencontohkan, selain sebagai kota pelajar dan pariwisata, DIY juga disetting sebagai daerah yang menjunjung tinggi nilai budaya. Ketiga hal tersebut berperan dalam peningkatan sumber pendapatan keuangan. Dharma mencontohkan, dari sektor pariwisata siklus ekonomi merambah pada produksi lokal baik makanan atau pun kerajinan khas DIY.

Totok Prianamto dari BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) DIY menambahkan terkait kerjasama yang dilaksanakan negara lain. “DIY kerjasama dengan dua negara asing yakni Shanghai dan Yamanashi Jepang.” Jelasnya.

Kerjasama dengan Shanghai terutama perihal Gunung Merapi. Totok menjelaskan bahwa Gunung Merapi menjadi daya tarik dunia. Karenanya, Shanghai dengan Gunung Fuji-nya menjadi alasan untuk saling bekerjasama melalui para ahli. “Gunung Merapi dan Gunung Fuji memiliki potensi wisata yang dilirik oleh dunia.” Jelasnya.

Hal lain yang mendasari kerjasama dengan negara asing yakni, peluang mengekspor kerajinan DIY ke negara lain. “seperti natal, kerajinan DIY telah banyak dipesan jauh-jauh hari sebagai hadiah.” Tambahnya. (S)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*