Dukung Terjaminnya Ketersediaan Air dan Mobilitas Warga, Komisi C DPRD DIY Tinjau Lokasi Pembangunan

Komisi C DPRD DIY meninjau lokasi pembangunan embung di Desa Sendang Tirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Kamis (24/5). Komisi C yang diwakili oleh Muhammad Zuhrif Hudaya, Gimmy Rusdin Sinaga dan Suharwanta, meninjau langsung pembangunan yang digunakan untuk mendukung terjaminnya ketahanan pangan serta terpenuhinya ketersediaan air baku di kawasan tersebut. Pembangunan embung yang bersifat multiguna, yaitu selain untuk pertanian juga untuk konservasi, sumber air baku, juga dapat digunakan untuk perikanan dan pariwisata.

Kedepannya, pengelolaan embung yang rencananya dibangun diatas tanah seluas 10.000m2, diharapkan dapat dipergunakan untuk konservasi, sumber air baku, irigasi perikanan maupun wisata.

“Pembebasan lahan yang dimiliki oleh desa maupun masyarakat sudah clear.” Jelas Sarjono, Lurah Desa Sendang Tirto saat menjelaskan kepada anggota komisi C. Dengan demikian, lurah Desa Sendang Tirto berharap pembangunan yang akan dirasakan langsung oleh petani yang mengelola 20 hektar sawah di sekitar embung akan segera terealisasi.

Dalam kesempatan yang sama, Komisi C DPRD DIY juga meninjau jembatan penghubung Desa Batureno, Kabupaten Bantul dan Desa Sendang Tirto, Kabupaten Sleman yang sekarang dirasa kurang efektif untuk menghubungkan kedua desa. Ketidak efektifan tersebut dirasa akibat ukuran jembatan yang kecil sudah tidak mampu menopang volume kendaraan yang melintas diatas jembatan tersebut.

“Intinya kami dari komisi C, karena ini adalah akses yang sangat baik untuk menghubungkan (Desa) Batureno dengan (Desa) Sendang Tirto” jelas angota Komisi C, Gimmy Rusdin Sinaga kepada masing-masing lurah.

Dengan dukungan perangkat desa serta masyarakat dalam pembangunan embung dan jembatan ini, DPRD DIY optimis peran embung dan jembatan akan dirasakan oleh warga masyarakat. Oleh sebab itu, DPRD DIY berupaya supaya perangkat desa serta masyarakat untuk terlibat langsung baik dalam pembangunan maupun pengelolaan embung dan jembatan tersebut. (NABR/az)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.