Eko Suwanto Kawal Raperda Inisiatif Ketertiban Umum

Jogja, dprd-diy.go.id – Kamis, (2/02/2017) Eko Suwanto memimpin pelaksanaan rapat pembentukan Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif tentang Ketertiban Umum. Eko memandang pentingnya pembentukan Peraturan Daerh (Perda) yang mengatur ketertiban umum. “Harapannya agar tercipta DIY yang tertib dan istimewa.” Ungkap Eko Suwanto selaku Ketua Komisi A.

Di antara yang dibahas dalam rapat tersebut ialah tertib penggunaan jalan. Menurutnya, agar setiap pengguna jalan memiliki kesadaran diri gaya hidup bersih, maka tidak boleh membuang sampah di jalanan. Namun demikian yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana jika yang membuang sampah penumpang bus? Akankah yang dikenai sanksi busnya, menejemennya ataukah penumpangnya?

Eko mengusulkan jika hal tersebut terjadi, yang dikenai sanksi ialah menejemennya. “Karena jika busnya yang disanksi, tentunya akan berdampak pada masyarakat.” Ungkapnya. Jika ada penumpang yang membuang sampah sembarangan, kemudian busnya yang dikenai sanksi dengan dihentikan beroperasi tentunya masyarakat yang akan menjadi korban, karena kurangnya akses transportasi. “Bagaimana para siswa yang seharusnya sekolah?” Tanyanya.

Menanggapi hal tersebut, disepakati bahwa sanksi yang dikenakan dalam bentuk teguran bertahab. Namun detailnya akan dibahas lebih lanjut pada rapat yang akan kembali digelar hari Rabu (3/02/2017) di Komisi A. “Rapat besok kita lanjutkan pukul 10.00.” Tambah Eko.

Selain membahas persoalan ketertiban penggunaan jalan, ketertiban perizinan juga turut menjadi pembahasan serius. Eko Suwanto merasa risau dengan maraknya bangunan-bangunan di DIY. Ia berharap kepada Satpol PP DIY untuk menindak tegas dan meminta agar bangunan ilegal dibongkar. “Banyak sekali hotel dan mall yang memakan fasilitas publik akibat kurangnya area parkir sehingga jalanan digunakan parkir.” Contohnya. (S)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*