Ekspos Pokok-Pokok Pikiran DPRD DIY Tahun 2017

DSC_0012Pokok-pokok pikiran DPRD DIY terhadap Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2017 dibahas hari ini (Senin, 14/12). Dalam pembahasan tersebut Ketua DPRD DIY, Yoeke Indra Agung Laksana hadir sekaligus memaparkan pokok-pokok pikiran tahun 2017. Dimoderatori Arif Noor Hartanto, Maman Kepala Bidang Perencanaan, Mulyanto dan Hermin dosen Jurusan Komunikasi UGM dihadirkan sebagai narasumber. Maman menyampaikan kemiskinan yang hingga kini masih menjadi masalah DIY. Begitu juga dengan pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial dan budaya, infrastuktur, pertumbuhan ekonomi. Bidang pendidikan Suroyo dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora mengemukakan capaian penurunan angka putus sekolah. Di DIY disebutkan nol koma sekian persen anak-anak yang tidak dapat menuntaskan progam wajib belajar 12 tahun. Meskipun demikian, pihaknya tetap akan berusaha agar lebih dapat menurutkan angka putus sekolah tersebut.

Perihal pembangunan John mengkritisi pembangunan di DIY yang kurang melibatkan masyarakat. Ia menekankan progam pembangunan saat ini adalah masyarakat membangun dan daerah membangun. Namun yang ia sayangkan dalam pembangunan jarang sekali melibatkan stakeholder, tokoh-tokoh masyarakat, dan masyarakat. “Pembangunan dengan konsep ini pemerintah sebagai fasilitator.” Ungkapnya. Namun, dalam kenyataannya pembangunan yang saat ini dilakukan masih berbasis daerah membangun bukan masyarakat membangun.

Adapun Hermin yang juga sebagai pakar ahli yang mendampingi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), menuturkan pentingnya integrasi antar semua pihak.  Hal tersebut sama halnya dengan yang diungkapkan Aslam Ridlo dari fraksi Pkb. “Perlu ada keseragaman.” Tuturnya. Selanjutnya ia menghimbau agar pokok-pokok pikiran disebutkan sekalian perihal kegiatan, basis anggaran dan capaiannya. (S)

DSC_0009DSC_0019

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*