Finalisasi Raperda DIY Tentang Penyelenggaraan Kearsipan (Ba No.1 Tahun 2018)

Jogja, dprd-diy.go.id – Rabu, 7 /2/2018 telah berlangsungnya rapat kerja Pansus Raperda DIY Tentang Penyelenggaraan Kearsipan BA No.1 Tahun 2018, pada hari ini rapat diadakan dalam rangka melanjutkan pembahasan penyelenggaraan kearsipan serta finalisasi Raperda tentang Penyelenggaraan Kearsipan di Daerah Istimewa Yogyakarta BA 1 Tahun 2018. Rapat ini dilaksanakan di ruang lobby lantai 1 DPRD DIY, berlangsungnya rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Pansus yaitu Nur Sasmito, ST.,MT. Rapat ini merupakan rapat terakhir yang diadakan, maka pembahasan langsung segera dimulai dengan harapan raperda dapat segera diselesaikan.

Sebelum Raperda penyelenggaraan kearsipan (BA No. 1 Tahun 2018) dibawakan ke rapat paripurna, ada beberapa pembahasan yang harus segera dituntaskan. Hal ini terkait pasal-pasal yang sudah pernah dibahas pada rapat sebelumnya. Terkait hal itu, pembahasan pasal pada Raperda ini dibahas secara satu persatu secara tuntas. Dimulai dari judul yang dianggap sudah tidak memiliki koreksi apapun, kemudian dilanjutkan pada pasal-pasal. Pada pasal 1 dan 2 dimana yang sebelumnya memiliki koreksi dan pada rapat ini PR-PR tersebut sudah diselesaikan, namun pada pasal 3 masih memiliki sedikit koreksi yaitu terkait pada tata bahasa yang masih perlu diperhalus yaitu pada bagian b, yang berubah menjadi “mewujudkan pengelolaan dan pemanfaatan arsip yang handal”.  Begitu juga pada pasal 12 ayat 4 yang pada saat rapat sebelumnya memiliki beberapa koreksi dan tambahan kemudian juga sudah diokomodir.

Beberapa koreksi lainnya juga terjadi pada pasal-pasal selanjutnya, namun semua koreksi yang diberikan dan sedikit perdebatan yang sempat dibahas sudah diselesaikan secara baik, begitu pula dengan koreksi-koreksi pada masing-masing pasal yang sudah diokomodir dengan rapi. Setelah semua pasal dibahas secara detail, berikutnya membahas tentang penjelasan dari beberapa kata yang terdapat pada bagian akhir, hal ini juga dibahas secara tuntas pada rapat hari ini. Maka dengan selesainya rapat hari ini, maka telah selesai juga Raperda DIY tentang Penyelenggaraan Kearsipan (BA No.1 Tahun 2008). Dengan ini Raperda DIY tentang Penyelenggaraan Kearsipan ini akan segera dibawa ke rapat paripurna untuk segera disetujui dan disahkan. (sc/az)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.