Forum Komunikasi Penggarap Lahan Pesisir (FKPLP) Temui Dewan

dsc_0018Jogja, dprd-diy.go.id – Forum Komunikasi Penggarap Lahan Pesisir (FKPLP) mendatangi Gedung DPRD Provinsi DIY pada Kamis, 15 September 2016. FKPLP  diterima baik oleh Pimpinan DPRD DIY, H. Yoeke Indra Agung Laksana, S.E. Audiensi ini diikuti oleh 550 warga Kulon Progo yang berasal dari Desa Glagah, Palihan, Sindutan, dan Jangkaran.

Sumantoyo selaku ketua FKPLP menyampaikan bahwa tujuan kedatangan mereka ke Gedung DPRD DIY adalah untuk meminta kejelasan mengenai kompensasi tanah yang terdampak oleh pembangunan Bandara Baru di Kulon Progo.

Sebelumnya mereka sudah melakukan pertemuan dengan Puro Pakualaman dan DPRD Kulon Progo, namun belum mendapatkan jawaban yang memuaskan.

“Kami sudah melakukan audiensi di DPRD Kulon Progo. Jawabannya bahwa akan dikoordinasikan. Ketika kami tanya lagi jawabannya hanya menyakitkan, dan sudah berbulan-bulan kami menunggu, namun tidak ada jawaban mengenai hal tersebut.” Jelasnya

Warga Desa ini bermata pencaharian sebagai petani, usaha tambak udang, penginapan, warung makan, dan ternak ayam. Mereka dengan rasa sedih dan resah meminta kepada DPRD DIY untuk dapat mengusahakan dan mengomunikasikan hal ini kepada Pemerintah Provinsi untuk segera memberi kepastian tentang hak kompensasi yang  layak bagi warga yang terkena dampak pembangunan bandara baru di Kulon Progo tersebut.

Menanggapi tuntutan tersebut, Yoeke mengatakan bahwa  DPRD DIY siap untuk menjembatani dan memediasi dengan Pemerintah Provinsi DIY. Para warga diharap bersabar menunggu untuk hasilnya, pihak DPRD DIY akan mencari jalan keluar yang terbaik bagi para warga. (pry)

dsc_0010
Para warga yang tergabung dalam Forum Komunikasi Penggarap Lahan Pesisir (FKPLP) melakukan orasi di depan Gedung DPRD DIY

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*