Forum LSM DIY, DPRD DIY Didesak Segera Bentuk (AKD) dewan akan Maraton

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DPRD DIY) menerima audiensi dari Forum Lembaga Swadaya Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (Forum LSM DIY) pada Jum’at pagi lalu (7/11) di Ruang Lobi DPRD DIY. Dalam audiensi tersebut, Forum LSM DIY mendesak para anggota dewan untuk segera membentuk alat kelengkapan dewan.

Sejak dilantik pada September lalu, alat kelengkapan dewan belum juga terbentuk. Hal ini dapat menghambat pelayanan publik, karena APBD belum bisa disahkan tanpa adanya alat kelengkapan dewan, ujar Beny Susanto, Ketua Forum LSM DIY dalam audiensi itu. Selain menuntut segera dibentuknya alat kelengkapan dewan, Forum LSM DIY juga mengingatkan para wakil rakyat untuk bekerja sesuai dengan amanah dari rakyat. “Anda adalah wakil rakyat, bukan wakil partai politik”, kata Taufik dari Forum LSM DIY saat menyampaikan aspirasinya.

Menanggapi belum dibentuknya alat kelengkapan dewan ini, Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana menyatakan bahwa permasalahan di internal dewan tidak ideal. Namun dewan akan segera mengatasi hal ini dengan musyawarah mufakat. “Untuk pembahasan APBD 2015 akan dibicarakan hari Senin dengan Pak Gubernur”, tambahnya.

Saat dimintai pendapatnya, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) Arif Setiadi mengapresiasi apa yang disampaikan oleh Forum LSM DIY. Ia meminta doa restu dan menyatakan bahwa hari ini tata tertib dewan selesai. “Hari ini dijadwalkan marathon”, katanya.

Mengenai kisruh dalam internal dewan, Forum LSM DIY meminta anggota dewan untuk menyikapinya sebagai negarawan. Selain itu, Forum LSM DIY juga memberi waktu 7 x 24 jam kepada anggota dewan agar segera membentuk alat kelengkapan dewan. Jika dalam waktu yang diberikan tersebut DPRD DIY belum juga membentuk alat kelengkapan dewan, maka pihaknya akan mengerahkan gerakan rakyat menduduki DPRD DIY. (WS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*