GNP dan HMI Kompak Teriak Kanti Anti Kapitalisme

aksi hardiknasJogja, dprd-diy.go.id РSenin, (2/5/2016) Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional Gerakan Nasional Pendidikan (GNP) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) mengkritisi kapitalisme pendidikan. Keduanya beraksi di depan gedung DPRD DIY. Keduanya memandang pendidikan saat ini tidak lagi difungsikan sebagai pencerdasan generasi bangsa, melainkan ajang bisnis yang dikomersialkan di bawah kekangan kapitalisme. GNP menuntut agar pendidikan dapat diakses seluruh lapisan masyarakat dengan gratis. Begitu juga HMI, menuntut agar pendidikan dapat dijangkau oleh semua kalangan. HMI mengkritisi, kebijakan yang telah ditetapkan dalam regulasi terkait pembatasan masa kuliyah.

Saat GNP hadir dan beraksi, tidak ada satupun dewan di tempat. Karena saat bersamaan, seluruh anggota dewan sedang mengikuti penetapan wakil gubernur, kunjungan Panitia Khusus, dan tugas lainnya. Selang beberapa waktu saat HMI beraksi, Huda Tri Yudiana berkenan menerima aksi di sela-sela kesibukannya mengerjakan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur.

Politikus fraksi PKS tersebut mendukung keterjaminan pendidikan yang terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Ia bersyukur dan berterimakasih mahasiswa masih menjaga dan mengawal pemerintahan dengan cara kritis terhadap isu-isu sosial termasuk pendidikan. (S)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*