Hidup Sehat dengan Kawasan Tanpa Rokok (KTR)

DSC_0876Sosialisasi peraturan perundang-undangan terkait kawasan tanpa rokok (KTR) diselenggarakan pada Jumat (23/05) di Ruang Rapat Paripurna Lantai 2 Gedung DPRD DIY. Wakil Menteri Kesehatan RI,Prof. Dr. Ali Gufron Mukti, M.Sc berkesempatan hadir dalam forum ini. Turut serta hadir Kepala Dinas Kesehatan DIY, dr. RA Arida Oetami, M.Kes dan  Hery Sumardiyanta, Anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo yang mana Kabupaten Kulon Progo menjadi satu-satunya Kabupaten di DIY yang telah mengelahirkan KTR dalam perda. Anggota Dewan DPRD DIY Sadar Narimo, S.Ag, SH bertindak sebagai moderator.

Dalam kesempatan ini Wamenkes RI mengatakan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 109 Tahun 2012, pemerintah pusat dan pemerintah daerah berkewajiban mewujudkan KTR dalam rangka penyelenggaraan pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau bagi kesehatan. Menurutnya, Pemda memiliki peran untuk membuat Perda KTR, yang intinya memuat pengaturan tentang KTR, peran serta masyarakat, pembentukan satgas penegak KTR, larangan dan kewajiban, serta pemberian sanksi-sanksi.  Dengan kata lain, KTR ini dibuat dengan tujuan menurunkan angka kematian dengan mengubah perilaku masyarakat  untuk hidup sehat,serta mewujudkan kwalitas udara bersih dan sehat tanpa asap rokok.

Pelaksanaan sosialisasi ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam penyusunan raperda yang seharusnya bisa diselesaikan pada akhir masa jabatan anggota dewan periode ini. Seperti yang diungkapkan oleh Sadar Narimo, S.Ag, SH “Rancangan Peraturan Daerah tentang KTR yang telah masuk dalam Prolegda selama empat kali tetapi belum dapat disahkan karena masih terjadi perdebatan kepentingan antar fraksi.”  (hms.efm)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*