Ingin Pelajari Perda Kepariwisataan DIY

Pengembangan destinasi pariwisata DIY menjadi perhatian Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Bengkulu. Agung Gatam dan Slamet Riyadi sengaja datang ke DPRD DIY pada Senin (21/05) untuk mencari referensi tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan tahun 2018-2025. Pasalnya sejauh pengetahuan keduanya, DIY telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang kepariwisataan hingga tahun 2025.

Mendengar penuturan tersebut Rany Widayati selaku Wakil Ketua DPRD DIY yang berkesempatan menerima kunjungan tersebut membenarkan. DIY telah memiliki Perda Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah Provinsi DIY Tahun 2012-2025.

Diakui Rany Widayati, politisi yang akrap disapa Rany tersebut mengaku pariwisata menjadi salah satu unggulan bagi DIY. Bahkan DIY telah mendapat predikat sebagai destinasi budaya dan pariwisata.

Tahun 2018 merupakan tahun ditetapkannya kebijakan dan pengembangan kepariwisataan oleh Dinas Pariwisata DIY. Target DIY pada tahun 2025 mampu menjadi destinasi pariwisata berbasis budaya terkemuka di Asia Tenggara, berkelas dunia, berdaya saing dan berkelanjutan.

Terlebih dengan akan dioprasikannya bandara baru di Kulonprogo pada tahun 2019 mendatang, pariwisata juga menjadi fokus perhatian pemerintah. Namun ketika membahas menyoal pariwisata DIY, banyak sekali hal terkait dalam pembangunan dan pengembangan. Di antara pembangunan dan pengembangan yang terkait dengan pariwisata ialah tata ruang DIY.

Pemerintah mendukung dan mendorong pembangunan dan pengembangan tersebut akan mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Masyarakat didorong serta diberikan pelatihan menjadi pelaku ekonomi kreatif. (S)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.