Jagalan  Berpotensi Dijadikan Desa Wisata

Maraknya isu pengembangan desa wisata serta sokongan yang kuat dari pemerintah DIY, menjadikan semakin kuatnya masyarakat menangkap peluang tersebut. Terutama bagi daerah yang memiliki potensi pariwisata serta budaya. Sebut saja daerah Jagalan, Kabupaten Bantul. Daerah yang berdampingan dengan Kota Gede tersebut memiliki sejarah budaya yang patut dilestarikan dan dijaga keberadaannya. Termasuk perhatian pemerintah untuk lebih mendayagunakan potensi yang dimiliki daerah Jagalan.

Merespon hal tersebut, Jono perwakilan masyarakat Jagalan mengungkapkan harapan baiknya ke DPRD DIY pada senin,(27/03/2017), yang dalam kesempatan tersebut diterima oleh Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana. Kesempatan tersebut juga dihadiri Dinas Kebudayaan DIY sekaligus Dinas Pariwisata DIY.

Yoeke sapaan akrab Yoeke Indra Agung Laksana, mengungkapkan persetujuannya terhadap pengembangan potensi budaya dan pariwisata di Jagalan. Ia memandang momen tersebut ialah peluang untuk ditangkap pemerintah untuk segera ditindaklanjuti. Alasannya, masyarakat telah memiliki kesadaran dan semangat untuk turut terlibat dalam pengembangan Jagalan. Terlebih adanya Danais dapat turut mendorong dalam penataan kawasan Jagalan. Namun, Yoeke menghimbau penataan kawasan disetting secara komprehensif. Yoeke mengaku prihatin dengan penataan Jagalan saat ini yang masih terjadi benturan antara wisatawan dan aktivitas perekonomian yang berlangsung di setiap harinya.

Hendro perwakilan dari Dinas Kebudayaan, bersyukur dan mengajak masyarakat Jagelan untuk bergandengan tangan mewujudkan pengembangan budaya Jagalan. Budaya adiluhung agar secara serempak dijaga dan dilestarikan nilai-nilainya. Adapun Aryo dari Dinas Pariwisata juga mendorong, termasuk menyarankan agar terlibat dalam even-even pameran agar pariwisata jagelan semakin terpromosikan. (S)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*