Jawa timur Berbagi pengalaman protokoler dengan DIY

IMG_8970
Eko Suwanto menerima cindra mata dari Provinsi jawa Timur

DPRD DIY bersama Instansi pemerintah DIY terkait bertolak ke Provinsi Jawa Timur untuk menyerap informasi dan masukan dalam rangka studi komparasi Bidang Pemerintahan khususnya terkait dengan Tata kelola Pelayanan, Humas dan Protokoler serta Sistem Pengawasan dan Pengendalian Intern.

Bukan tanpa alasan karena DIY merupakan daerah yang strategis sering pejabat negara dan tamu negara singgah ke DIY. Protokol merupakan bagian penting dari seluruh hal yang mengatur pelaksanaan suatu kegiatan baik dalam kedinasan/kantor maupun masyarakat.

Eko Suwanto ketua Komisi A DPRD DIY membuka pertanyaan, Bagaimana hubungan antara Pemda provinsi dengan protokoler pemerintah pusat. Presiden sering singgah terlebih dahulu ke Yogyakarta pada saat berkunjung ke solo sehingga hal-hal bagaimana protokoler lintas daerah dan instansi. Terlebih DIY memiliki Gedung Istana Negara / Gedung Agung di malioboro.

Yang kami bangun koordinasi di pusat ada 2 instansi yang menentukan pasukan pengaman presiden (paspampres) dan humas protokol pusat. Terdapat kemudahan bagi kami karena memiliki kantor perwakilan di Jakarta cara yang kami ambil adalah menugaskan orang yang berada di Jakarta di Jakarta, jawab Mudjib Afan Asisten Administrasi Umum yang merangkap sebagai Pj. Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jawa timur.

Kunci utamanya adalah management dan koordinasi walau hal ini terkadang menemui tantangan seperti yang kami alami ada salah satu paspamres ingin memasuki suatu ruangan namun menurut keprotokolan kami tidak boleh masuk namun memang agak memaksa kami lakukan komunikasi dengan komandan dan memberikan perhatian.  Tambah Mudjib.

Selain berdiskusi soal pengalaman yang telah di alami juga berdiskusi terkait anggaran keprotokolan, pembinaan SDM pada Humas dan Protokol di Provinsi Jawa Timur. (az)

IMG_8978
foto bersama

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*