Komisi A DPRD DIY Memantau Pelaksanaan Administrasi Penduduk di Kec. Sentolo

Jum’at (16/01) Komisi A DPRD DIY dengan didampingi oleh Eksekutif/Biro Tata Pemerintahan Setda DIY telah mengadakan pemantauan terhadap pelaksanaan administrasi kependudukan di Kec. Sentolo. Diterima oleh Camat Sentolo Ibu Hj. Aspiah, M.Si beserta staf.

Dari pertemuan dan dialog diperoleh informasi bahwa di Kab. Kulonprogo untuk wajib KTP riil sejumlah 327.529 orang, total perekaman wajib KTP sampai dengan tanggal 2 Januari 2015 sejumlah 317.386 orang (96,90 %), KTP E yang telah diterimakan sejumlah 299.062 orang (94,23 %) sedangkan wajib KTP yang belum melakukan perekaman sebanyak 10.143 orang ( 3,10 %).

Proses perekaman dilakukan di Kecamatan akan tetapi pencetakan dilakukan di Dukcapil. Dalam pelaksanaan kegiatan Adminduk kendala yang dialami adalah belum tersedia sarana prasarana untuk jemput bola terutama kepada warga jompo dan masyarakat di pelosok pedesaan juga Perlu ada ruang tunggu dan tempat duduk yang cukup bagi penduduk yang antri serta perlu disediakan hiburan TV agar nyaman dan tidak mengalami kejenuhan. Kendala Jaringan sering bermasalah dan error, Peralatan yang tersedia belum cukup memadai dan Anggaran yang tersedia kurang memadai khususnya untuk dukungan dana bagi petugas

Melihat hal-hal tersebut KOMISI A DPRD DIY mencatat dan memberikan saran dan rekomendasi Agar terus dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan mengoptimalkan waktu dengan sebaik-baiknya.
Perlu ada upaya penataan kearsipan yang sedemikian rupa seperti digitalisasi dan lain sebagainya sehingga aman, rapi dan mudah diketemukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
Untuk membantu anggaran sesuai dengan Pergub Nomor 112 Tahun 2014 bahwa tanah pelungguh, bengkok dan pengarem arem atas ijin Ngerso dalem Sri Sultan dan Sri Paku Alam boleh digunakan sebagai tambahan penghasilan bagi perangkat desa dan untuk peningkatan pelayanan terhadap masyarakat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*