Komisi A Kunjungi Korban Longsor di Sambirejo

Gunungkidul, dprd-diy.go.id – Rabu, (9/03/2017) Setelah terjadi longsor batu di desa Sambirejo Gunungkidul  Jumat (3/3/2017) Komisi A DPRD DIY bersama mitra kerja memantau keadaan terkini di lapangan. Komisi A DPRD DIY bertemu dengan pengampu di desa Sambirejo mulai dari Muspika, Kades Sambirejo, Dukuh Jentir, Camat, BPBD DIY dan BPBD Gunung Kidul di balai dusun Jentir yang juga menjadi posko relokasi warga terdampak longsor batu.

Balai dusun Jentir tidak hanya menjadi tempat relokasi namun juga di buat menjadi dapur umum bagi 28 KK atau 86 Jiwa terdampak longsor batu.Sukarman wakil ketua komisi A menyampaikan bahwa komisi A prihatin terhadap musibah yang Ibu/Bapak rasakan, dan ikut berbela sungkawa kepada seluruh korban yang meninggal dunia Manto Miharjo (80) dan Tugiyem (75). “Maksud kami disini untuk mendengar keinginan warga terdampak longsor batuan.” Jelas Sukarman.

Yuliasih martini Kepala Desa Sambirejo saat ditanya apa progres sampai saat ini beliau mengatakan “kita masih fokus mengurusi warga terdampak longsor”. Terkait izin beliau hanya mengetahui Izin pengelola bukan izin penambangan.

Hal serupa di katakana Dukuh Jentir Bakti Susono, soal perizinan kami bisa dikatakan buta soal hal tersebut taunya sudah ada izin resmi begitu, monggo diserahkan kepada Bapak-Bapak soal perizinan.

Camat Kecamatan Ngawen Supadma, menceritakan bahwa Peristiwa terjadi Jumat malam, ada guguran kecil dari atas dan kemudian longsor besar. Sampai saat ini penempatan warga akan menunggu batu yang di atas ada batu yang dikhawatirkan warga. Karena posisi batu menghadap ke pemukiman warga.

Mitro Warga terdampak yang juga tokoh warga setempat menjelaskan bahwa warga tidak ingin di relokasi ke tempat lain. Namun ada kekhawatiran terhadap batu besar di atas bukit. Bila batu sudah dihilangkan atau kebawahkan maka akan kembali ke rumah lagi. Juga merasa tenteram kalau Penambangan batu di tutup.

Sukarman di akhir diskusi menyatakan akan menindak lanjuti permasalahan ini dengan mitra kerja Komisi A dalam rapat kerja di komisi. Setelah mendengar penjelasan dari warga dan pemerintahan setempat rombongan meninjau lokasi longsor.  (az)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*