Komisi A Tinjau Lokasi Tanah Longsor di Kulonprogo

DSC_0178Munculnya berita tanah longsor di Kulonprogo menjadi perhatian serius DPRD DIY. Peristiwa menyedihkan pada hari senin (14/12) tersebut menggugah komisi A untuk melakukan tinjauan ke lokasi. Bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIYdan Kulonprogo, Sukarman wakil ketua komisi A, Rendradi Suprihandoko, dan Nunung Ida Mundarsih berkunjung ke kediaman Adi Suwito.

Rumah Adi Suwito luluh lantak akibat terjangan tanah longsor. Sementara, ia mengungsi di rumah anaknya yang terletak bersebelahan dengan rumahnya. Meskipun demikian Adi Suwito merasa tak sendiri karena pemerintah berkenan bergerak cepat membantu memulihkan dukanya.

Ia berterimakasih atas kesediaan BPBD provinsi  menyalurkan dana sebesar Rp. 27.000.000,00 untuk pembangunan rumah barunya. “Sik penting aku ndue gubuk maneh.” Ungkap Adi Suwito dengan bahasa jawa. Sukarman berharap Adi Suwito dan sekeluarga tetap sabar. “Nek omah iso digawe maneh, tapi nek nyowo ora iso.” Canda Sukarman menghibur.

Ditawari pindah lokasi, Adi Suwito menolak. Menanggapi ketidaksediaan dipindahkan, Dwi Arto meminta Adi Suwito agar berkenan lokasi pembangunan sedikit di ubah. Agar kejadian tersebut tidak terulang lagi, Dwi Arto mengemukakan akan pentingnya rekayasa lingkungan. “Pembangunan talut juga harus lebih berkualitas dan baik.” Tuturnya.

Usai berkunjung di kediaman Adi Suwito, rombongan DPRD DIY tidak lantas pulang, melainkan berkunjung ke kediaman Adi Sajono di daerah Sumberejo, Jati Mulyo. Sama halnya dengan Adi Suwito, rumah Adi Sarjono juga rusak terkena tanah longsor. Hanya saja, beberapa bagian masih dapat difungsikan. (S)

DSC_0090 DSC_0319 DSC_0280

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*