Komisi D pantau pembangunan makam Imogiri

Perluasan makan di imogiri ini menelan anggaran danais senilai Rp 5,9 miliar anggaran sebesar itu untuk membangun 3 fasilitas makam terdiri dari pencaosan (ruang tunggu), parkir sampai ruang inti untuk pemakaman. Makam imogiri ini merupakan salah satu cagar budaya DIY.

Dalam kesempatan ini Komidi D memantau Perluasan kompleks makan raja Yogyakarta ditargetkan selesai pada 28 November mendatang, komisi D berharap pembangunan tersebut harus diselesaikan dengan waktu yang di tentukan terlebih sebelum musim hujan datang.

Pembangunan perluasan kompleks makam seluas 55 X 55 meter tersebut dilakukan di sisi timur dengan memapas gunung. Pengerjaan modern tetap memperhatikan arsititektur Jawa. Termasuk pembangunan tetap mempertahankan bagian inti makan seperti pencaosan, parkir dan makam.

Disampaikan Dinas kebudayaan di tahun 2015 ini perluasan makan akan selesai dan finishing dapat dilakukan lagi tahun 2016. Ke depan dilengkapi dengan tangga, untuk memberikan fasilitas bagi peziarah atau wisatawan yang ingin melakukan ritual mubeng beteng makan atau ingin berwisata mengelilingi makam. Mubeng benteng juga telah di usulkan menjadi budaya yang tak berwujud dari DIY.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*