Komisi D samakan persepsi dengan Pakar tentang Arsitektur berciri khas Yogya

Dalam rangka menyamakan persepsi mengenai Raperda yang akan disusun, Komisi D DPRD DIY mengadakan pertemuan dengan Pakar Komisi D  Jumat 28/8/2015 di ruang Komisi D. yang dihadiri segenap anggota Komisi D. Staf Bagian Legislasi DPRD DIY. Pertemuan yang dipimpin oleh Pimpinan Komisi D Yoserizal dari Fraksi Gerindra. Dikemukakan Yoserizal bahwa Yogyakarta sampai saat ini tidak memberikan kesan ciri khasnya pada para tamu maupun wisatawan. Setelah wisatawan turun di Bandara tidak ada kesan khusus bahwa mereka telah sampai di Yogyakarta, hal inilah yang mendorong Komisi D untuk menyusun Raperda tentang Gaya Arsitektur yang berciri khas Yogyakarta, agar nantinya tamu yang datang ke Yogya dapat terkesan dengan bangunan yang berciri khas Yogya.

Sementara itu Pakar Arkeologi dan Kebudayaan Dari UGM memaparkan sejumlah ciri khas Bangunan Yogyakarta sejak Hamengku Buwono I. dan seterusnya samapai saat ini.  Ciri khas tersebut dibedakan menurut fungsinya.  misalnya Bangunan untuk Kraton,akan berbeda dengan Bangunan (rumah) untuk para abdi dalem dan seterusnya sampai dengan masyarakat umum. Yogyakarta yang penduduknya sangat dinamis dengan ciri heteroginitasnya maka untuk mencari karakter yogya perlu kesepakatan mulai dari mana.

Dalam pertemuan tersebut terjadi dialog seputar budaya yogyakarta baik oleh Pakar maupun anggota Komisi D. Agenda selanjutnya akan diadakan FGD yang untuk mencari masukan seputar materi yang akan diatur dalam Raperda yang merupakan inisiatif DPRD khususnya Komisi D (mars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*