Komisi A Pastikan Keadaan Pasca Gempa di Banjarharjo

Bencana alam yang melanda Banjarharjo, Kulonprogo mengundang prihatin Komisi A DPRD DIY. Peristiwa yang terjadi pada Januari lalu, telah didengar oleh Komisi A. “Karenanya hari ini kami ingin memastikan keadaan di lapangan.” Ungkap Sukarman, Wakil Ketua Komisi A.

Bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY, Komisi A mendengarkan keluhan peristiwa benca alam dari Susanto selaku Kepala Desa Banjarharjo. Susanto menuturkan bencana alam yang melanda daerahnya telah dapat disikapi dengan mengajak masyarakat untuk bergotong royong dan bekerja bakti. Peristiwa tersebut tidak memakan korban karena rumah di tempat lokasi kejadian telah sebulan sebelum terjadi peristiwa bencana alam telah direlokasi. Namun, hal tersebut belum dapat menyelesaiakan masalah, karena minimnya anggaran untuk membantu korban.

Susanto menceritakan kesulitan mencairkan bantuan. Alasannya karena saat peristiwa bencana alam terjadi, harus dipastikan terlebih dahulu peristiwa yang melanda Banjarharjo termasuk bencana alam darurat ataukah tidak.

Merespon hal tersebut Sukarman yang juga didampingi Edy Susila, Subarno, dan Albani yang kesemuanya dari Komisi A meminta supaya segera memberikan data yang valid, sehingga dapat segera ditindaklanjuti oleh Komisi A dan instansi terkait. Selain itu, Sukarman juga meminta kepada Susanto untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat terkait alur penyaluran bantuan yang mengharuskan prosedur terlebih dahulu.

Dengan memberikan pengarahan kepada masyarakat, masyarakat diharapkan dapat percaya dan tidak menganggap pemerintah lambat dalam bertindak. “Karena kan anggaran yang disalurkan harus disesuaikan karena APBD sudah diketok, bahkan jika memungkinkan ya harus melalui APBD perubahan dan waktunya memang tidak begitu saja cepat.” Jelasnya. (S)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.