Kunjungan Badan Musyawarah Kabupaten Nias Barat ke DPRD DIY

DSC_0526Rombongan Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Nias Barat berkunjung ke Kantor DPRD DIY pada Rabu (7/05) diterima oleh Hj. Tutiek Masria Widyo, SE didampingi Kabag-kabag Sekretariat Dewan di ruang Transit Lt. 1 Gedung DPRD DIY. Maksud dan tujuan kedatangan rombongan DPRD Kabupaten Nias Barat ini untuk memperdalam ilmu terkait fungsi Badan Musyawarah, Badan Anggaran dan alat kelengkapan dewan lainnya serta terkait dengan kesejahteraan anggota dewan yang akan berakhir masa jabatannya Oktober nanti.

Kabupaten Nias Barat sebagai kabupaten baru bentuk pemekaran dari Kabupaten Nias, DPRD-nya belum mengetahui secara khusus apa tugas dan fungsi dari alat kelengkapan dewan. Di DPRD DIY inilah mereka menyerap ilmu terkait hal tersebut. DPRD Kabupaten Nias Barat sendiri memiliki Badan Musyawarah yang tidak strategis kerja, seperti yang diungkap oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat, Drs. Evolut Zebua. Menurutnya, Badan Musyawarah di Kabupaten Nias Barat hanya berperan penyusunan jadwal dan ketika jadwal selesai disusun, selesai sudah tugas dan perannya. Berbeda dengan DPRD DIY, DPRD DIY memiliki Badan Musyawarah yang tidak hanya berperan dalam penjadwalanan tetapi Badan Musyawarah terdiri dari seluruh perwakilan fraksi yang ada di DPRD DIY dan memiliki Rencana Kerja Tahunan, bulanan, bahkan mingguan. Rencana-rencana tersebut dapat ditinjau sesuai dengan kebutuhan. Seluruh alat kelengkapan DPRD DIY memiliki derajat kedudukan yang sama, baik Badan Musyawarah atau Badan Anggaran, dll.

Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2004 menjadi acuan terkait kesejahteraan anggota DPRD yang akan berakhir masa jabatannya. Begitu juga dengan kendaraan operasional yang hanya diberikan kepada pimpinan DPRD DIY saja dengan kendaraan operasional. Hal tersebut akan dijadikan bahan pembelajaran oleh DPRD Kabupaten Nias Barat. (hms.efm)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*