Kunjungan Kerja Badan Anggaran DPRD Provinsi Jawa Barat ke DPRD DIY

Yogyakarta (02/11/2017). Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jawa Barat mengadakan kunjungan kerja ke DPRD DIY pada Hari Kamis (02/11/2017) pukul 08.30 WIB. Rombongan yang dipimpin oleh Abdul Harris Bobihoe, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat,  diterima oleh Wakil Pimpinan DPRD DIY, Arif Nur Hartanto, di Ruang Banggar Lantai 2 DPRD DIY. Maksud dan tujuan rombongan kunjungan ini adalah untuk berdiskusi tentang bagaimana meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan membelanjakan dana yang ada dengan tepat sasaran.

Dalam kesempatan tersebut, Arif  menjelaskan, bahwa PAD yang didapat sebagian besar berasal dari pajak kendaraan bermotor, meskipun ada sebagian dari BUMD, namun tidak seberapa. Beliau juga mewanti-wanti kepada Pemda DIY agar tidak mengandalkan kepada pajak kendaraan bermotor. “Resiko pencemaran udara semakin tinggi. Begitupula dengan angka kecelakaan di DIY. Rata-rata sehari satu nyawa melayang. Kita mencoba meminta kepada Pemda untuk mengoptimalkan sumber pendapatan yang lainnya,” jelasnya.

Mengenai pembelanjaannya Arif menjelaskan bahwa pemanfaatan APBD direncanakan oleh eksekutif, sedangkan Pokok-Pokok Pikirannya oleh DPRD. Gubernur selaku eksekutif wajib memerhatikan Pokir, tetapi ukuran terhadap respon detail Pokir sulit dilakukan oleh DPRD. ”Sehingga pemanfaatan ini domain mayoritas dilakukan oleh eksekutif. Nah, kita baru bisa masuk sesuai dengan yang sudah-sudah itu pada Pra KUA dan
PPAS,” tambahnya mengenai pemanfaatan anggaran belanja di DIY.

Selain berdiskusi tentang PAD, kunjungan ini juga membahas komitmen DIY tentang pemberdayaan perempuan, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), dan trafficking. Untuk mengatasi permasalahan tersebut Di DIY terdapat Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) untuk fokus pada pemberdayaan perempuan, penyelesaian masalah KDRT dan trafficking di DIY. (HUMAS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*