Kunjungan Kerja Komisi II DPRD Provinsi Bali terkait dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Jogja, dprd-diy.go.id – DPRD DIY menerima kunjungan kerja Komisi II DPRD Provinsi Bali pada Rabu (5/07/2017). Diskusi yang dilakukan di ruang Bapemberda Lt.2 ini dimulai pukul 11.45 dan dihadiri oleh 16 orang. Kunjungan kali ini membahas tentang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan dihadiri oleh Pimpinan DPRD DIY yaitu Bapak Arif Noor Hartanto selaku Wakil Ketua DPRD DIY, Pimpinan Komisi B yaitu Bapak Janu Ismadi, serta Ka.DPPKA DIY. Tujuan dari kunjungan kerja ini dalam rangka menambah wawasan terkait dengan PAD DIY.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, rombongan dari DPRD Provinsi Bali yang diketuai oleh Bapak Ketut Suwandi selaku Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bali mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan keuangan Provinsi DIY yang dinilai terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Selain itu, pertanyaan yang diajukan antara lain ingin mengetahui terkait dengan PP Nomor 18 Tahun 2017, apakah sudah ada pembahasan dengan eksekutif terkait PP tersebut. Pertanyaan tersebut dijawab oleh Ketua Komisi B DPRD DIY, bahwa belum ada diskusi lebih lanjut terkait PP tersebut.

Pertanyaan selanjutnya yaitu terkait dengan sektor apa yang menyumbangkan tren pendapatan yang tinggi bagi DPRD DIY. Hal ini dijawab oleh DPPKA DIY bahwa tren pendapatan yang paling tinggi berasal dari pajak kendaraan bermotor serta dari sektor pariwisata yang berupa retribusi. Dipaparkan bahwa retribusi yang paling potensial berasal dari retribusi minyak kayu putih di daerah Mangunan yang bisa menghasilkan 8 – 12 Miliar Rupiah per tahunnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*