Kunjungan Pansus Pengelolaan Dan Pemanfaatan Tanah Ke Desa Glagahsari

Jogja, dprd-diy.go.id – Panitia Khusus Pengelolaan dan Pemanfaatan Tanah Sultan Ground dan Kadipaten dalam Bahan Acara No. 15 Tahun 2018 melakukan kunjungan ke Kantor Desa Gading Sari kec. Sanden, Bantul, Selasa (17/4/2018).  Dalam kunjungan ini, hadir pula pihak perwakilan Kraton Yogyakarta, Gusti Hadi, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Pansus BA 15 dan pejabat Desa Gading Sari.

Kunjungan yang membahas pengelolaan dan pemanfaatan tanah SG tersebut dilaksanakan karena banyak wilayah Desa Gading Sari merupakan tanah SG. Banyak warga yang memanfaatkan tanah SG untuk  baik untuk kegiatan pariwisata maupun bercocok tanam. Pemanfaatan tanah tersebut berbekal dari Surat Kekancingan yang dimiliki secara turun temurun.

Pejabat Desa menjelaskan bahwa memang terdapat temuan bahwa banyak pemanfaatan tanah yang masih belum rapi baik secara administrasi maupun tata ruang. Dalam kunjungan tersebut rombongan Pansus  beserta aparatur desa meneruskan kunjungannya ke lapangan. Di sana ditemukan juga adanya patok penanda posisi tanah yang tidak berada di tempat yang seharusnya.

Pihak Kraton menjelaskan bahwa pemanfaatan lahan milik Kesultanan sudah harusnya ditata kembali. Penataan tersebut dilakukan supaya tidak ada aturan terkait tata ruang maupun penggunaan dan pemanfaatan lahan yang dilanggar. Kraton seyogyanya harus mematuhi aturan yang terkait. Dan menjelaskan bahwa penataan tersebut juga akan memberikan keuntungan baik itu untuk warga serta penggunaan dan pemanfaatan lahan di wilayah DIY.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.