Kunjungan Sekretariat Dan Pers DPRD Provinsi Kalimantan Selatan

Kunjungan Press Room Wartawan dan Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Selatan ke DPRD DIY dengan pemimpin rombongan Kepala Tata Usaha Protokol dan Kehumasan, Riduansyah. Kunjungan diterima oleh Sekretaris DPRD DIY, Beni Suharsono, Kepala Bagian Humas dan Protokol, Kepala Sub Bagian Humas Data dan TI, Pat Nugraha serta Koordinator wartawan unit DPRD DIY, Santosa Sukarman dan beberapa wartawan di ruang rapat gabungan lantai 3 gedung DPRD DIY, Senin (16/04/2018). Kunjungan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan  mengenai kehumasan dan hubungan kemitraan antara wartawan dengan Sekretariat DPRD DIY di dalam menjalankan tugas pelayanan dan fasilitasi  Anggota DPRD DIY.

Pertemuan dimulai dengan penjabaran fungsi dan tugas kesekretariatan DPRD yang dijelaskan oleh Beni Suharsono. Selanjutnya penjelasan  terkait dengan fungsi Humas dan Protokol dijelaskan oleh Budi Nugroho. Fungsi Humas dan Protokol DPRD DIY dibagi menjadi dua bagian, yaitu, fungsi internal dan fungsi eksternal. Fungsi internal bertanggung jawab terhadap publikasi dan dokumentasi kegiatan AKD dan Setwan, memfasilitasi kegiatan pimpinan dewan, memfasilitasi kegiatan dewan dimasa reses; memfasilitasi kegiatan kaukus parlemen perempuan, memfasilitasi kunjungan keluar negeri, mengelola sistem jaringan dan website, memfasilitasi tamu DPRD dan Kesekretariatan DPRD. Sedangkan fungsi eksternal yaitu, menjalin kerja sama dengan instansi atau lembaga lain, memfasilitasi aspirasi masyarakat; Menjalin kerja sama dengan media massa.

Dalam menjalankan tugasnya untuk menjaga transparansi kinerja dan kegiatan DPRD, Sekretariat DPRD DIY, melalui bagian Humas dan Protokol menjalin kemitraan dengan wartawan. Kegiatan kemitraan  yang dijalankan selama ini meliputi kegiatan forum diskusi wartawan, presstour, peliputan kegiatan-kegiatan DPRD DIY, dan lain-lain untuk ditayangkan di berbagai media baik media massa maupun media elektronik. Adanya inovasi dari wartawan unit DPRD DIY dalam mendukung publikasi; dan adanya ruangan khusus untuk awak media di DPRD DIY. Kemitraan Sekretariat dan Wartawan sangat menguntungkan kedua belah pihak. Di satu sisi wartawan membutuhkan berita, sedangkan sekretariat yangg memiliki fungsi untuk menyebarkan berita kepada masyarakat umum menjadi lebih mudah melalui keterlibatan para wartawan Unit DPRD DIY.

Produk yang dihasilkan oleh sekretariat DPRD DIY adalah berita dalam bentuk suplemen yang tayang dalam tempo dua bulan sekali, rubrik aspirasi,  profil DPRD DIY, majalah mimbar legislatif, TV Magazine,  siaran langsung sidang paripurna dalam radio dan televisi, menyelenggarakan kegiatan dialog interaktif radio dan televisi, mengelolawebsite DPRD-DIY.GO.ID dan medsos melalui facebook, instagram, youtube dan twitter.

Kesekretariatan DPRD DIY berencana untuk menambahkan fasilitas media massa dalam bentuk media streaming, yang hingga kini masih terkendala dengan kurangnya sumber daya manusia yang ada, beserta adanya Studio TV mini yang dapat memaparkan siaran langsung dari setiap kegiatan DPRD DIY. Segala hal itu, dimanfaatkan untuk melayani dewan serta masyarakat terkait konteks transparansi kegiatan dewan kepada publik.

Pada sesi tanya jawab antara Kesekretariatan dan Wartawan DPRD Kalimantan Selatan dengan DPRD DIY dan Wartawan sempat terbesit pula pertanyan yang terkait dengan independensi wartawan. Menjawab pertanyaan tersebut, Beny Suharsono menyerahkan langsung kepada wartawan untuk menjawabnya sendiri. “Silahkan, biar wartawan sendiri yang menjawab pertanyaan terkait dengan independensi wartawan di DPRD DIY tersebut”, tangkasnya. Santosa sebagai koordinator wartawan unit DPRD DIY menjelaskan bahwa kemitraan yang dibangun selama ini tidak mempengaruhi independensi wartawan di dalam menjalankan perannya untuk mengawasi kinerja DPRD DIY.

“Kami tidak pernah merasa dihalang-halangi untuk ikut terlibat dalam setiap kegiatan pembahasan alat kelengkapan dewan. Kami bisa menanyakan langsung kepada para nara sumber DPRD DIY dengan bebas.,” ungkap Kusno menjelaskan. “Dalam menjalankan tugasnya, wartawan yang bermitra dengan DPRD DIY menjelaskan bahwa mereka tidak pernah mendapatkan kesulitan apapun dalam mencai infomasi maupun melakukan informasi dengan seluruh anggota dewan ataupun pihak kesekretariatan DPRD DIY”, tambahnya.  (NABR)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*