KUNJUNGAN TAMU DARI BADAN KEHORMATAN DPR RI

DSC_0146Kamis, (25/06)Ruang Transit Lt. 1 DPRD DIY Wakil Ketua DPRD DIY (Hj. Tutiek Masria Widyo, SE) dengan didampingi Sekretaris dan Anggota Badan Kehormatan DPRD DIY, menerima kunjungan tamu dari Badan Kehormatan DPR RI terkait pembahasan revisi Kode Etik dan Tata Beracara DPR RI karena dianggap isi dalam klausul kurang kuat untuk dijadikan pedoman dalam menegakkan hukuman dan sanksi bagi Anggota DPR RI yang melanggar aturan.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas maka Badan Kehormatan DPR RI ingin mencari masukan dan sharing untuk penyempurnaan Kode Etik dan Tata Beracara DPR RI. Adapun beberapa masalah yang di diskusikan, pokok–pokok yang termasuk dalam perubahan Kode Etik. Penambahan beberapa Norma etika seperti adanya pengaturan tentang Konflik Kepentingan dan Pengaturan Pekerjaan Lain di luar Tugas Kedewanan; Penambahan ketentuan mengenai jenis sanksi dan kriteria pengenaan sanksi; Penambahan ketentuan mengenai Rehabilitasi. Serta Pokok – pokok perubahan dalam Tata Beracara.

DPRD DIY khususnya  Badan Kehormatan mengucapkan terimakasih atas kunjungannya dan informasinya terkait dengan Kode Etik dan Tata Beracara yang mana  dalam penegakan DPRD DIY pun mengalami banyak kendala, karena tidak didukung oleh semua Anggota Dewan;

DPRD DIY menilai bahwa Kode Etik dan Tata Beracara DPR RI sudah cukup bagus dibanding DPRD Provinsi maupun Kabupaten dan Kota. Maka dari itu masukan akan disampaikan melalui tulisan agar tidak meraba-raba permasalahan sehingga masukan dan sarannya lebih mengena. (hmz/az)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*