Kunjungi DPRD DIY, DPRD Sumsel Ajak Anggota Dewan Diskusi Pembentukan Tata Tertib

Senin (27/10) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DPRD DIY) menerima kunjungan dari Panitia Khusus (Pansus) Pembentukan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Selatan (DPRD Sumsel) pada Senin (27/10) di ruang lobi DPRD DIY. Agenda kunjungan DPRD Sumsel ini bertujuan untuk bertukar pikiran dengan DPRD DIY mengenai perumusan tata tertib sebelum memulai pembahasan Anggaran Belanja Pemerintah Daerah (APBD) 2015. “Kami memilih DPRD DIY karena kami sudah membandingkan dengan DPRD DKI Jakarta. Kekhususan daerahnya sama dan sama-sama belum merumuskan tata tertib”, ujar Ketua Pansus Pembentukan Tata Tertib DPRD Sumsel, R.A. Anita Noeringhati saat memulai diskusi pagi ini.

Acara kunjungan ini dibuka oleh Wakil Ketua DPRD DIY, Dharma Setiawan. Dalam kunjungan tersebut, Ketua Pansus Pembentukan Tata Tertib DPRD Sumsel menanyakan dasar hukum yang digunakan untuk merumusakan tata tertib, mekanisme anggaran dan reses anggota dewan, serta hak-hak anggota DPRD DIY. Wakil Ketua Pansus, Budiarto Marsul juga menanyakan jadwal reses anggota dewan, kewenangan DPRD DIY sebagai lembaga legislatif, berapa banyak tenaga ahli serta kriterianya, dan pengertian kolektif kolegial dalam rapat. Adapun pertanyaan terakhir diajukan oleh salah satu anggota DPRD Sumsel mengenai intensitas kunjungan DPRD DIY ke luar negeri.

Acara tersebut berlangsung hangat yang ditandai dengan beberapa candaan yang dilontarkan dan gelak tawa selama diskusi berlangsung. Diskusi semakin menarik ketika Ketua Pansus menanyakan tentang anggaran keistimewaan yang diterima oleh Daerah Istimewa Yogyakarta dan bagaimana keterlibatan DPRD DIY di dalamnya. Acara kemudian ditutup dengan istirahat dan makan siang bersama.

Kunjungan DPRD Sumsel ini dihadiri oleh empat orang anggota DPRD DIY dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Fraksi Partai Demokrat, dan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan. Sedangkan anggota DPRD Sumsel yang berkunjung berjumlah 39 orang. (WS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*