LK3 Tawarkan Tangani Masalah Sosial Keluarga

DSC_0216Saat diundang menjadi narasumber seminar Kaukus Perempuan Parlemen DPRD DIY, TH Sri Subyarti mengenalkan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3)  yang telah digelutinya. Ia menyebut tujuan LK3 guna membantu meningkatkan kemampuan keluarga memecahkan masalah mereka secara memadai. LK3 juga menyediakan informasi yang dibutuhkan keluarga dalam memecahkan masalah mereka sendiri serta meningkatkan kepedulian organisasi, keluarga, sekolah dan masyarakat dalam berpartisipasi mengatasi masalah keluarga secara efektif. Adapun sasaran dari LK3  yaitu Keluarga yang membutuhkan pelayanan informasi, konsultasi, pendampingan dan perlindungan.Individu dan pasangan yang mempersiapkan diri menuju perkawinan serta Individu, keluarga, sekolah atau organisasi yang memiliki kepedulian terhadap masalah sosial keluarga.

Konseling, konsultasi, informasi, penjangkauan, perlindungan, pendampingan, dan rujukan merupakan jenis pelayanan yang ditawarkan kepada masyarakat terutama yang memiliki masalah sosial dalam keluarga. “Adapun fungsi dari pelayanan LK3  yaitu pencegahan, pengembangan, perlindungan dan penunjang.

TH Sri Subyarti dalam paparannya sabtu (27/08/2016) mengungkapkan masalah-masalah sosial psikologis keluarga. Pertama, ketidakpuasan hubungan sosial dalam keluarga. Kedua, Konflik antar pribadi anggota keluarga. Ketiga, sumber kehidupan/ penghidupan tidak memadai. Keempat, kesulitan melaksanakan peran rumahtangga/keluarga. Kelima, reaksi emosional berlebihan terhadap kemalangan. Ke enam, Masalah transisi sosial yang perlu penyesuaian. Ketujuh, masalah yang berhubungan dengan sekolah.

Adapun peran LK3 dalam penanganan sosial psikologis keluarga adalah sebagai konselor, konsultan dan manager kasus. Sebagai konselor LK3 membantu keluarga bermasalah sosial-psikologis baik melalui pelayanan konseling dan pendampingan maupun perlindungan serta pembelaan sehingga mampu mengatasi masalah secara optimal. Sebagai konsultan dengan menyediakan konsultasi informasi serta konsultasi organisasi atau progam. Adapun sebagai manager kasus yaitu dengan memberikan pelayanan langsung pada kasus-kasus khusus melakukan intervensi atau campur tangan khusus. Selain itu juga dapat berperan sebagai fasilitator  dan pialang sosial. “bisa juga sebagai pengajar dan mediator.” Tambahnya.

TH Sri Subyarti di akhir paparannya menyebutkan lokasi LK3 yang berada di Jl. Lempuyangan No. I Yogyakarta. Ia menghimbau kepada masyarakat agar berkenan berkunjung jika terdapat masalah dalam keluarganya. Buka setiap hari senin-kamis pukul 09.00-13.00 WIB. (S)

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*